Minggu, 05 Mei 2019

BACKPACKING VIETNAM

17 april 2019

akhirnya setelah mengumpulkan keberanian dan bermodal quotes dari salah satu traveller bahwa "tidak ada satu tempatpun yang 100% aman di dunia ini"  dan " hasbunallah wanimal wakiil, cukuplah allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung" . akhirnya membulatkan tekad untuk travelling ke vietnam.  jadi kenapa harus takut begitu pikir saya.
sebenarnya agak bingung menentukan pilihan akan mengunjungi veitnam bagian mana? apakah ho chi minh city, hanoi atau danang? mengingat ketiga tempat itu yang ingin sekali saya kunjungi,  akhirnya terbelilah tiket cgk - ho chi minh, hanoi - cgk seharga 1,9 (malindo airlines)  tanpa perhitungan yang matang, karena tadinya saya pikir saya bisa ke ho chi minh dan hanoi, saya pikir ho chi minh city ke hanoi itu macam jakarta- jogja (bisa naik kereta atau sleeper bus) sekalian menghemat budget hotel pikir saya kala itu.  ternyata setelah mendekati hari H saya baru tahu kalau jarak ho chi minh city ke hanoi itu 1480km dan ditempuh dengan 26 jam menggunakan bus dan 28 jam memggunakan kereta *langusng dadah2 deh takut tua di jalan duluan.

tan dinh cruch ho chi minh city

untungnya Vietnam punya maskapai LCC macam airasia yang murah meriah namanya VIETJET AIR, saya membeli tiket ho chi minh - hanoi dengan harga 500ribu one way (beli H-2) padahal sebelumnya dapet harga 350rban tapi karena nunggu nanti-nanti tiketnya malah naik. untung cuma one way karena tiket pulang saya adalah hanoi - jakarta.

SCAM DI VIETNAM?

baca-baca cerita orang tentang scam di vietnam sebenernya agak jiper juga sih. tapi makin lama kok jadinya malah penasaran, kaya challenge juga buat diri sendiri, kalau bisa menaklukan vietnam (lebay) .  baca bolak-balik blog orang tentang vietnam dan nemulah tips hasil blogwalking.

untuk menghindari scam di veitnam kita harus menghindari kontak langsung dengan orang-orang lokal. kalau ada yang ngajakin ngobrol jangan di gubris kalo ga penting-penting banget. sampe-sampe saat kita mendarat di ho chi minh ada orang dengan senyum ramah mencoba menyapa kita " are u malaysian?" bukannya kita jawab kita malah cabut buru-buru pura-pura ga denger tanpa menjawab *haha separno itu.

selain menghindari kontak langsung, bersikaplah wajar jangan seperti orang kebingungan, stay cool  aja padahalmah takut hihi. kalau ditawarin ini itu jangan di hiraukan. mending kita cari tahu sendiri lewat google daripada nanya-nanya sama orang. kalopun harus nanya tanyalah sama petugas keamanan atau polisi.

maka itu itinerary dan basic info penting banget buat yang mau traveling ke vietnam, seperti saat mendarat di airport kita harus naik apa menuju hanoi city atau hotel tempat menginap.  terus mau kemana aja selama disana.

untuk membeli makan pilihlah restoran yang sudah mencantumkan harga makanannya untuk menghindari scam saat membayar.

KONEKSI INTERNET SELAMA DI VIETNAM?

biasanya sih saya pakai XL prio pass RP.150.000 untuk 7 hari, tapi karena saya baca-baca harga simcard di vietnam lebih murah dibanding saya pakai XL Prio pass jadi untuk koneksi internet di vietnam, saya memilih membeli simcard local namanya Vietnam Mobile seharga 150.000 VND (75.000 rupiah) untuk 7 hari. beli simcardnya di bandara. sebenernya harga simcard ini hanya 50.000 VND ( kurang lebih RP 30.000) *lihat dari stiker yang ditempel di kemasan simcardnya.  tapi karena saya takut bingung kalau beli di luar bandara saya memutuskan untuk membelinya di bandara saja sekalian minta tolong untuk registrasi. tapi ternyata kartu simcardnya sudah aktif jadi tidak perlu di register lagi...tau gitu beli di luar bandara biar  lebih murah.

kartunya sudah aktif tinggal masukin ke hp aja

PENGINAPAN DI VIETNAM

ada banyak hostel backpacker di vietnam namun dengan alasan banyak scam kita ga berani ambil penginapan yang dormitory.  toh harga penginapan yang privat juga masih terjangkau. saya pilih airbnb dengan rate 250ribu permalam di daerah old quarter, bukan di old quarternya persis sih. tapi lebih dekat ke train street (hanya 350m dari trainstreet). untuk yang pilih hotel, harga hotel sendiri dengan harga 350ribu permalampun sudah cukup nyaman sih (berdasarkan hasil brwosing).

airbnb di hanoi

ITINERARY  HANOI

ga banyak yang bisa di explore saat di hanoi, karena keterbatasan waktu. tapi sudah cukup menjawab rasa penasaran saya akan negara 1001 scam ini.

hari pertama : CGK - KUL - SGN

karena bertepatan dengan pilpres dan kita ga mau kehilangan hak suara untuk menentukan nasib bangsa 5 tahun kedepan, walaupun taruhannya adalah nasib tiket pulang pergi jakarta - vietnam. gimana ga ketar-ketir flight jam 9.30 jam 08.00 kita masih di TPS baru kelar nyoblos . untungnya jalanan jakarta lengang depok-soetta cuma 45 menit saja,  boarding di 30 menit sebelum flight  karena kita nyoblos dulu, sempet hopeless kalau ketinggalan pesawat, untungnya udah web chekin dan ga ada bagasi jadi langsung bisa masuk pesawat dengan sedikit olahraga (lari-lari di bandara), dan minta bantuan petugas imigrasi untuk menyerobot antrian lantaran udah boarding. untungnya bapak imigrasi baik hati membolehkan kami melewati pintu petugas bandara tanpa antrian, kalau ikut antri wassalam deh ga tau  keburu apa ngga.

after nyoblos
transit 2 jam di KLIA kemudian lanjut ke Ho chi minh city.  tiba di ho chi minh jam 15.30 dan wow ternyata imigrasi ho chi minh rame dan antri walau ga seantri imigrasi don muang int'l airport bangkok. tapi imigration clearencenya cukup memakan waktu 1,5 jam. keluar bandara udah jam 16.30 langsung beli simcard kemudian menuju kota ho chi minh dengan menggunakan bus. cukup 30 menit perjalanan sudah sampai di ho chi minh. oia kami cuma punya waktu 6 jam di ho chi minh city dan sudah sore pula, tapi di bela-belain keluar bandara demi penasaran sama motor-motor di ho chi minh. karena salah satu yang bikin saya penasaran untuk ke vietnam adalah pengendara motor di ho chi minh (sungguh alasan yang receh) . sempet mampir  ben tanh market untuk mengisi perut yang lapar kemudian kembali lagi menuju tan son nhat international airport untuk melanjutkan perjalanan ke hanoi dengan menggunakan maskapai lokal vietnam (vietjet air)

tiba di Noi Bai airport jam 1.30 dini hari. kemudian menunggu subuh barulah kami menuju hanoi city dengan bis pertama yaitu jam 6.30. ke hanoi city naik bis no 86 dengan tarif 35.000 VND, dari airport ke kota hanoi memakan waktu 1 jam. karena baru bisa chek in jam 9 pagi kami mampir dulu untuk sarapan pho.

enaknya pakai airbnb adalah kita bisa minta early chekin tanpa dikenakan biaya tambahan. jam 9 pagi kita udah bisa ketemu kasur dong setelah semalaman ngemper di bandara noi bai.

airbnb tempat kami menginap di hanoi

setelah puas beristirahat dan mandi, kami menuju old quarter yang berjarak kurang lebih 1 km dari tempat kami menginap. langsung menuju ho chi minh moeseleum. ho chi moeseleum adalah monumen makam yang dibangun untuk menyimpan jenazah presiden pertama Vietnam Utara yang bernama ho chi minh. sama dengan nama kota di vietnam. Monumen ini dibangun untuk mengenang jasa Ho Chi Minh dan supaya dia dapat menyaksikan penyatuan kembali Vietnam. Dengan mengawetkan jenazahnya, generasi berikutnya dapat terus melihat dan mengenang perjuangan Ho Chi Minh.

di belakang saya itu adalah tempat hoi chi minh di semayamkan

lapangan ini menjadi tempat deklarasi kemerdekaan vietnam

karena cuaca panas dan terik saya hanya sebentar saja di sana kemudian langsung menuju danau hoan kiem lake. sepanjang danau banyak pepohonan dan banyak warga lokal yang duduk-duduk di pinggiran danau.

pulang dari hoan kiem lake sebelum ke hotel kami mampir ke train street yang terkenal. sayangnya saya tidak tahu jadwal lewat keretanya jadi tidak bisa melihat langsung saat kereta melewati pinggiran rumah penduduk yang hanya berjarak beberapa meter saja dari rel kereta.

foto dulu di train street yang famous itu

hari kedua : ONE DAY TRIP TO HALONG BAY

hari kedua kami ke halong bay, dengan menggunakan travel yang sudah kami pesan dari klook. karena tidak melayani antar jemput ke airbnb maka kami harus ke tempat meeting pointnya yaitu di old quarter. sempat mengalami kendala sedikit karena bisnya tak kunjung datang dengan alasan macet, akhirnya kami berangkat ke halong bay sekitar pukul 9.00 padahal seharusnya jam 8.00 kami berangkat. lama perjalanan ke halong bay adalah 4 jam (termasuk istirahat di rest area 25 menit). sepanjang perjalanan puas tidur. sampai di halong bay langsung menuju cruise ( biar keren padahal sih cuma kapal biasa dengan rooftop). sampai di cruise langsung disuguhi makan siang.  karena meja dan kursi terbatas dan makanan disajikan dengan cara sharing jadi 1 meja berenam.

model kapal yang membawa kami ke halong bay, ada rooftopnya untuk berfoto

menu makanan yang menurut saya rasanya biasa aja

meja tempat kami makan siang

lama perjalanan dari dermaga ke halong bay cuma 10 menit saja. tiba di halong kita bisa turun kapal untuk kayaking atau bagi yang tidak mau capek mendayung dan ga mau basah-basahan bisa naik perahu.

1 perahu hanya boleh diisi 4 orang

selesai naik perahu langsung menuju gua stalaktit yang bernama don thien chung, oia untuk bilas, ganti baju dan lain-lain semuanya dilakukan di kapal karena kapalnya ada toilet, lengkap dengan shower.
selanjutnya tracking ke gua don thieng chung tenang jalur tracking sudah bagus kok dengan anak tangga. guide menjelaskan beberapa bagian dari gua.

jadi yang termasuk paket one day trip halong bay itu hanya kayaking dan wisata gua don thien chung selesai dari gua kami menuju ke dermaga lagi untuk kemudian menuju hanoi. tiba di hanoi jam 8 malam. untuk yang mau menikmati night market akan diturunkan di lokasi night market.

hari ketiga hanya punya waktu setengah hari, jadi kami hanya keliling old quarter saja.

BERAPA BUDGET KE VIETNAM 4D3N

kalau ada yang nanya berapa buget ke vietnam, seperti biasa saya akan selalu bilang  tergantung gaya liburannya seperti apa? nah kemarin rincian budget trip ke vietnam saya spt ini :

Tiket CGK - HO CHI MINH, HANOI - CGK 1.900.000 (malindo Air)
Tiket HO CHI MINH - HANOI 500.000 (vietjet Air)
Penginapan Airbnb Hanoi Rp.500.000 ( untuk 2 malam)
beli sim card 150.000 VND (80.000)
Transport 35.000 VND x 2 (PP noi bai airport- hanoi city)  dirupiahin sekitar RP.36.000
Transport Ho chi minh airport - ben tanh market PP 20.000 VND x 2 sekitar Rp.26.000
One day trip halong bay 420.000 (beli dari  indonesia di KLOOK)
Makan malam di ben tanh market 90.000VND ( 50.000 IDR)
kopi di saigon airport 35000VND (18.000)
makan selama 3 hari di hanoi 4 x 45.000 vnd = 180.000 (Rp. 117.000)

TOTAL 3.000.000 + 667.0000 = Rp. 3.647.000, -

pengeluaran terbesar ada di tiket pesawat, jadi pintar-pintarlah cari promo, karena untuk biaya treansport dan makan di hanoi masih terbilang cukup murah, apalagi kurs Vietnam Dong ada di bawah rupiah. berasa jadi jutawan kan? hihi....

finally bisa cheklist bucketlist lagi tahun ini...... dan vietnam ga seseram apa yang saya bayangkan. so jangan takut untuk backpacking ke vietnam selain murah kita bisa merasakan atmosfer lain.