Kamis, 28 Februari 2019

mudahnya membuat visa multiple korea selatan



Bermodal tiket promo dan ajakan (menemani) seorang teman, saya berencana ke korea untuk kedua kalinya.  entahlah walaupun bukan kpopers tapi saya jatuh cinta sama oppa-oppa   korea, ga deng tetep cinta matinya mah sama si bojolah. mungkin karena sejak 10 tahun lebih bergelut (kerja) dengan orang korea hahahaha. 


karena bercita-cita merasakan semua musim di korea *kalo ada tiket promonya akhirnya kali ini saya nekat bikin visa multiple. setelah baca-baca persyaratan untuk mengajukan visa multiple. 

berikut syarat untuk mendapatkan visa multiple :


KategoriDokumen Pendukung
Pegawai negeri sipil (PNS), pejabat, atau pegawai perusahaan BUMN IndonesiaSurat keterangan kerja
Pejabat dan pegawai perusahaan penerbangan tertentu yang melayani rute Korea SelatanSurat keterangan kerja
Orang yang sudah pernah mengunjungi Korea Selatan minimal satu kaliBukti kunjungan di paspor (fotokopi visa)
Pemegang visa negara OECD yang masih berlakuBukti kunjungan di paspor (fotokopi visa)
Orang dengan pendapatannya di atas USD 8.000 per tahunSPT PPh 21 Formulir 1721-A1/A2
Pekerja profesional (dokter, pengacara, dosen, dsb)Sertifikasi surat keahlian atau surat keterangan kerja
Lulusan universitas di Korea SelatanIjazah atau sertifikat kelulusan
Pasangan sah (suami/istri), anak di bawah umur dan orang tua dari pemegang visa multiple (C-3)Dokumen yang menunjukkan hubungan kekeluargaan

cuma ada 1 poin yang saya merasa masuk dalam kriteria saya layak dapat visa multiple, yaitu pernah sekali ke korea. walaupun sebenernya ketar-ketir juga sih karena saya fikir multiple itu kan berarti kita bisa keluar masuk korea dalam kurun waktu 5 tahun tanpa perlu mengurus visa lagi, mungkin ada banyak  poin juga yang jadi bahan pertimbahangan pihak kedubes korea selatan  (selain pernah sekali ke korea)  tapi masa bodolah di terima syukur ga diterima yaa coba lagi lain kali haha *orangnya pantang menyerah akutu. 




akhirnya bersama kedua teman yang akan jadi travelmates saya nanti. saya datang ke kedutaan korea selatan yang terletak di jl gatot subroto, persisinya di sebelah rumah sakit medistra.  semua syarat sudah di fotokopi bahkan dengan pedenya saya tidak konsultasi dulu ke pihak kedubes apakah saya sudah cukup memenuhi syarat untuk mengajukan visa multiple. saya langsung membayar untuk visa multiple di hana bank. oia udah pada tau dong sekarang  pembayaran apply visa korea langsung ke hana bank, bukan bayar cash di loket kedutaan lagi. untuk harga visanya sendiri sudah naik per januari 2019 


      single visa dari Rp 544.000    jadi       Rp 592.000
      multiple dari Rp.1224.000   jadi   Rp. 1.332.000


adapun persyaratan untuk mengajukan visa korea :

1. form aplikasi visa yang sudah diisi dan ditempel pas foto ukuran 3.5 x 4.5 dengan background putih ( form bisa di dowonload di www.mofa.go.kr ) 

2. fotokopi paspor, dan fotokopi lembar visa korea sebelumnya, atau kalau kamu pernah mengunjungi negara OECD fotokopi juga lembar halaman visa negara tsb.

3. surat keterangan kerja 

4. surat referensi bank / rekening koran 3 bulan, SPT atau slip gaji (pilih salah satu), tapi kemarin saya lampirkan semua (biar lebih meyakinkan maksudnya haha) 


5. fotokopi kartu keluarga.


untuk lama prosesnya sendiri visa multiple ini lebih cepat yaitu sehari jadi, untuk visa single prosesnya 6 hari kerja.  ga lama kaaan ?  

1 HARI KEMUDIAN

lumayan deg-degan juga nih ngajuin visa multiple, pertama karena tiket yang di beli ga bisa di reschedule atau di refund, kirain bisa... secara Pede aja gitu beli singapore airlines karena bakalan bisa di refund atau reschedule ga kaya airasia, cuma ternyata ga berlaku untuk tiket promo yang saya beli huhu. kedua karena harga visa multiple 2 X lipat visa single bakal hangus dong duit 1.332.000 huwaaaa. tapi smeoga approve lahh yaaa....


tik...tok..tik...tok...tik...tok 

jam 9 pagi cek di webnya mofa.go.kr status visa masih " under review"....kemudian jam 12.00 sebelum keluar makan siang aku  cek lagi masih " under review" jugaa duhh deg-deg serrr euy...bikin ga enak  makan.




setelah makan siang mau cek tapi kayanya belum siap menerima kenyataan kalo nanti status visanya  di reject. sholat dzuhur deh sambil berdoa semoga visa di approve. setelah sholat dzuhur cek lagi di web  mofa.go.kr dan yeayyy ALHAMDULILLAH Visanya Approved....


kira-kira begini expresi bahagia saat visa multiplenya approved 


jadi bisa ke korea sering-sering deh ( langsung di teriakin sama netizen nih kayanya, maksudnya kalo ada tiket promo haha). jadi siapa yang mau ke korea? yuk sini aku temenin ....! 



xoxo


0 comments:

Posting Komentar

 

nining wahyoe Template by Ipietoon Cute Blog Design