Jumat, 19 Januari 2018

Macau dan Hongkong dalam 72 jam

ahhh senangnya salah satu bucket list travelling saya di tahun 2017 ini terwujud. macau dan hongkong. yups.....saya memasukan dua negara bagian china ini ke dalam bucket list karena memang kayanya macau dan hongkong sudah sepaket yaaaa. kalau ke hongkong sudah pasti mampir ke macau pun sebaliknya. sebenarnya sepaket lagi dengan shenzen juga, tapi berhubung udah ga punya cuti jadi cuma ke hongkong dan macau saja. kebetulan dapet promo jakarta-macau 1,4 untuk tiket PP.

sejak agustus 2017 maskapai favoritnya backpackers (termasuk saya) yakni Air Asia membuka rute direct dari jakarta ke macau dengan lama penerbangan 5 jam. untungnya nih AA punya jadwal  flight jakarta - macau jam 2 dini hari. jadi ngerasa worth it banget karena selama perjalanan adalah jam tidur jadi tidak akan mengurangi jam jalan-jalan. Tiba di macau international airport jam 08.00 pagi waktu macau ( lebih cepat 1 jam di banding jakarta). karena tujuan kami (saya dan suami) di hari pertama adalah hongkong, kami langsung menuju hongkong dengan menggunakan cotai waterjet melalui taipa ferry terminal.

CARA MENUJU HONGKONG DARI MACAU

bagaimana menuju hongkong dari macau? gampang kok, dari bandara kami menuju Terminal Maritimo do Porto (susah ya namanya haha) bilang aja ke taipa ferry terminal hanya berjalan kaki saja kurang lebih 10 menit dari macau airport, sekalian olahraga pagi yaaa kaaan? kemudian membeli tiket seharga 154HKD untuk kelas economy .

mata uang macau sebenarnya MOP tapi HKD juga diterima di macau. karena kebetulan saya tidak menukar mata uang macau saya membayarnya dengan hongkong Dollar.S ampe macau jam 08.00 karena tidak ada bagasi langsung jalan menuju terminal ferry.

sempat bingung sih karena penunjuk arahnya kurang jelas dari bandara. saat di bandara penunjuk arah menunjukan ke sebelah kanan, tapi kemudian sign menghilang setelah ketemu pergudangan. jadi kalo dari bandara itu keluar kemudian belok kanan jalan lurus sampai ketemu pergudangan itu.

kamu pasti akan merasa seperti tersesat, kok malah ke gudang-gudang. jadi di samping pergudangan itu ada jalan setapak nah kita akan melewati jalan tsb menuju terminal ferry. kami hanya butuh jalan lurus aja sampai ketemu penunjuk arah selanjutnya yang lebih jelas di jalan raya. kami dapat jadwal ferry jam 09.00 menuju hongkong.

di belakang saya dalah loket pembelian tiket

ruang tunggu VIP class

ferry yang akan membawa kami ke hongkong
hanya menunggu sebentar di ruang tunggu, kamipun boarding. di tiket sudah tertulis nomor bangku jadi jangan salah duduk yaa...

nomor bangku ada di samping

asiknya di macau tuh wifi dimana-mana, di ferry aja free wifi jadi lumayan 1 jam perjalanan ga berasa. selama di macau saya tidak membeli simcard karena rasanya sayang beli simcard karena wifi gratis dimana-mana.

lama perjalanan sekitar dari macau ke hongkong 1 jam. kami tiba di terminal ferry hongkong yang berada di seung wan.  karena sudah sarapan di pesawat, jadi kami memutuskan langsung menuju ngongping.

Cara menuju ngongping

untuk menuju Ngongping sendiri mudah kok tinggal naik MTR blue line ke arah chai wan turun di central station  (1 stasiun dari sheung wan) kemudian ganti MTR yang ke tung chung (orange line)  thung chung adalah stasiun pemberhentian terakhir. tiba di thung chung kita tinggal menuju station cable car yang berada di sebelah citygate outlet (semacam mall) kalau kamu bawa koper kamu juga bisa titipkan koper di citygate, atau di bawah station cable car karena koper ga boleh di bawa masuk ke cable car.

loker tempat penitipan tas dan  koper

jam 10.30 kami tiba di  station cable car menuju ngongping, antrian sudah sangat panjang untungnya saya sudah membeli tiket cable car melalui klook jadi tidak usah ikut antrian yang panjang tadi, ada antrian khusus klook, kami hanya tinggal menukarkan bukti pembelian kami di klook dengan tiket cable carnya saja di loket. kurang lebih antri 15 menit untuk naik cable carnya. kami memilih crystal cabin karena sudah pernah naik cable car yang standard cabin  saat ke genting malaysia, jadi sekarang mau coba yang lantainya transparan. untuk harga cable carnya sendiri saya beli di klook seharga 550.000 untuk berdua. menaiki gondola dengan lantai kaca seru juga apalagi lama perjalanan sekitar 30 menit dimana pemandangan di bawah adalah hutan dan laut serta gedung-gedung kota hongkong. yang phobia ketinggian mungkin naik yang standard cabin saja. kalo saya sih suka yang crystal cabin karena bisa melihat hongkong dari ketinggian dari berbagai sudut.

loket untuk menukarkan voucher dari klook dengan tiket cable car ngongping

satu cable car bisa muat sampai dengan 8 orang
turun dari cable car kita akan melewati toko souvenir dulu, kemudian baru keluar dan kami menuju patung tian budha

can u spot the big budha?

puas  capek keliling di ngongping kami mampir makan siang dulu di restoran india. simple aja sih kami memilih makan disini karena ada label halalnya. makan nasi briyani seharga 88HKD (154.000 IDR) cukup mahal untuk harga sekali makan ukuran backpacker, tapi karena kami sudah lapar jadi tidak ada pilihan lain.

label halal di pintu restoran

nasi briyani

restoran halal di ngongping

selesai makan kami langsung menuju disneyland yeayyy... sampai di disneyland sudah jam 4 sore  lihat harga tiket yang mahal akhirnya kami ga jadi masuk, cuma foto-foto aja di depannya (ogah rugi kalo mainnya cuma bentar). selesai main foto langsung kami berniat melanjutkan perjalanan ke the peak. ternyata bener-bener ngos-ngosan dan saya ga sanggup melanjutkan perjalanan ke the peak padahal the peak udah di depan mata tinggal antri aja naik tramnya. asli capek banget rasanya kaki udah ga kuat lagi diajak jalan, mungkin karena kami juga kurang istirahat karena jadwal flight dinihari. kami memutuskan untuk langsung ke hostel di daerah mongkok.

menuju mongkok, naik MRT red line dari central station turun di mongkok, untungnya letak penginapan kami tidak jauh dari stasiun mongkok jadi saya masih sanggup jalan. mongkok adalah daerah dimana backpackers berkumpul karena disinilah terdapat hostel-hostel murah. saya menginap di Ah shan Hostel loksinya sangat strategis yakni di sebrang ladies market. pemilik hostelnya orang cina surabaya jadi bisa bahasa indonesia.

pas jalan kaki menuju hostel nemu toko baju yang semua harganya 50$
langsung lupa capeknya dan mampir haha

Lokasi Ah shan hostel ada di lantai 14 gedung sincere house, ga usah bayangin gedung yang bagus macam di jakarta karena gedung ini seperti rumah susun terlihat kumuh (bagian luarnya) tapi kamarnya sendiri cukup bersih kok. saya booking lewat traveloka dengan harga 500 ribu untuk kamar twin bed, private bathroom. mengingat info yang saya baca tentang toilet di hongkong yang jorok saya ogah pilih kamar dormitory yang notabene shared bathroom. hotel di hongkong sama dengan di singapore mahal untuk ukuran backpackers. mengingat saya juga cuma 1 malam dan akan menghabiskan waktu untuk jalan-jalan, saya memilih hotel murah dengan lokasi strategis.

ladies market

istirahat dan mandi  kemudian semangat lagi ke ladies market, badan yang tadi capek luar biasa langsung ilang masuk ladies market, wkwkwk dasar wanitaa.....yang mau beli oleh-oleh seperti gantungan kunci, kaos bertuliskan Hong Kong atau magnet kulkas disinilah tempatnya. oia hati-hati yaa pedagang disini galak-galak.

nah jadi tips belanja di ladies  market adalah :
1. tawar barang yang emang bener-bener pengen kamu beli buang jauh-jauh deh prinsip emak-emak yang iseng nawar, kalo dikasih gue beli kalo ga dikasih gue tinggal, kalo ga mau dapet bonus makian dalam bahasa canton kalo ga jadi beli.
2. lihat toko atau penjual yang ramai pengunjung kemudian deketin terus nguping harganya klo mereka dpt murah kamu ikutan beli aja, pedagang yang cenderung rame biasanya ramah-ramah kok, mungkin karena dagangannya laris jadi moodnya bagus haha
3. ajakin pembeli yang juga lagi nawar di toko itu join, karena prinsipnya beli banyak makin murah.

suasana ladies market yang  pengunjungnya bukan cuma kaum hawa
ladies market tutup jam 12 malam, jadi saya memaksimalkan waktu yang ada karena besok sudah harus kembali macau untuk mengexplore macau. tapi karena kami belum mengunjungi destinasi wajibnya  kota hongkong yakni the peak maka esoknya kami ke the peak. berdasarkan informasi the peak itu bukan jam 10.00 pagi jadi kami mengisi waktu dulu sambil menunggu jam 10.00 dengan mampir ke kowloon park (taman gratis tempat kumpulnya para lansia hihi) tapi aslii tempatnya instagramable banget, saya yakin kalo ini ada di jakarta atau bandung pasti sudah jadi incarannya anak jaman now untuk berselfie ria. kowloon park terletak di kowloon tempat di mana masjid kowloon berada pintu masuknyapun persis di sebelah masjid kowloon. bagi muslim traveller sekedar mengunjungi masjid rasanya jadi destinasi wajib juga yaa kalo di luar negeri.

How to get kowloon park.

menuju ke kowloon park dengan menggunakan MTR red line ke arah tsim tsa sui kemudian turun di tsim sa sui station kemudian ambil exit E, jalan bentar sampai ketemu kowloon mosque.

Saya yang pengen banget ke avenue star tapi tidak bisa karena sedang dalam renovasi sampai 2018 nanti. jadilah kami ke kowloon park dimana disini ada comic star avenue. kalau di avenue star patung-patung pemain film tersohor berada disini tempatnya patung-patung tokoh komik terkenal.

dari kowloon park kami berniat membeli koper di sam sui pho, karena disana katanya lebih murah dibanding di ladies market, oia di sam sui pho juga untuk harga-harga souvenir lebih murah dibanding di ladies market tapi sayang jam 09.00 pagi saya tiba disana toko-tokonya masih tutup, mungkin baru buka jam10.00. saya tidak jadi membeli koper dan langsung menuju the peak asliii deh bener-bener berasa kurang puas  2 hari di hongkong.  samp[ai di the peak kami baca open dailynya untuk weekend mulai dari jam 08.00 ahhh tau gitu dari tadi pagi kita kesini dulu baru ke kowloon park. antrian di the peak cukup panjang tapi karena petugas yang sigap dan cepat kami hanya mengantri kurang lebih 45 menit saja. membeli tiket tram seharga 99HKD untuk PP.

dan inilah hongkong dilihat dari Sky terrace 423.

suasana di sky terrace

karena waktu sudah jam 13.00 siang kami memutuskan untuk kembali ke hotel mengambil barang  untuk kemudian langsung ke macau. melalui seung wan.

next posting yaaa semalam di macau