Selasa, 14 November 2017

TIPS HEMAT KE MALDIVES TANPA OPENTRIP


Maldives...apa sih yang ada di benak kalian saat dengar nama maldives? overwater bungalows, tempat romantis atau malah ga kepikiran sama sekali atau ga tau sama sekali. kalo saya MAHAL ga sih? itu yang jadi pertanyaan pertama saat saya mendengar nama maldives. ahhh tapi ternyata ga harus nikah sama babang hamish atau deket sama Om ARB, akhirnya saya bisa juga merasakan keindahan Maldives. 

mau ke maldives ga harus punya pacar om-om kaya raya kok *abaikan  sudah ada banyak paket opentrip yang berseliweran di instagram. bahkan lengkap dengan tawaran cicilannya membuat impian ke maldives semakin mudah terwujud. tapi yang harus diperhatikan ketika mengikuti opentrip adalah syarat dan ketentuannya. saya sempat tanya-tanya juga ke penyedia jasa opentrip tersebut jadi harga yang di tawarkan bervariasi mulai dari 7.500.000 nah biasanya mereka hanya mengcover harga tiket pesawat 3 juta saja untuk PP, jadi misal harga tiket lebih dari 3 juta kita harus menambah uang lagi. lalu untuk paketnya biasanya hanya untuk hotel dan tour/trip yang ditawarkan biasanya hanya paket halfday trip dan tidak termasuk resort trip artinya kalau kamu mau foto-foto kece dengan background bungalow diatas air kalian harus menambah uang lagi sesuai harga resort tournya/ resort apa yang di kunjungi. setelah saya nekat ke maldives sendiri tanpa travel agent dari indonesia, ternyata pergi sendiri jauh lebih murah dari opentrip. Mau tau rahasianya? baca sampai habis yaa....

Perlu VISA ga ke maldives?

ngga perlu visa untuk ke maldives sama seperti ke singapore dan negara-negara asia lainnya maldives menetapkan visa on arrival untuk 30 hari, jadi ga usah takut tiket hangus karena visa ga di approve.

Berapa budget ke maldives dan apa saja yang harus di perhatikan untuk menekan budget?

Pertama dan ini yang penting! cari tiket promo, karena harga tiket ke maldives bisa mencapai 3-4 jutaan  one way, carilah tiket promo jauh-jauh hari, biasanya harga tiket murah ada di bulan juli - November (low season) mungkin karena musim hujan dsb jadi orang-orang takut bepergian ke maldives, takut keujanan. padahal sebagai negara tropis, hujan di maldives terhitung jarang (menurut pengalaman saya saat berlibur di bulan oktober yang notabene mulai masuk musim penghujan) jadi selama 4 hari 3 malam di maldives saya menemui 2 kali hujan yang durasinya cuma sebentar banget ga sampe setengah jam langsung terik lagi. jadi walaupun kamu liburan di musim hujan ga keganggu banget kok. malah tetap bikin kulit saya  kebakar kemarin. 

ada 2 maskapai yang menyediakan tiket murah ke maldives yaitu airasia dan scoot. kedua maskapai tersebut transit di asal negaranya masing-masing, Air asia di kuala lumpur dan scoot di singapore. jadi tidak ada flight yang langsung ke maldives untuk kedua maskapai tsb. tiket paling murah kalau kamu beruntung bisa dapat 3juta untuk PP seperti saya kemarin, belilah jauh-jauh hari, saya beli 7 atau 6 bulan sebelum keberangkatan. 


saat transit di kuala lumpur

kedua cari hotel dengan breakfast, kenapa? karena harga sekali makan di maldives mahal sekitar 100ribuan untuk sekali makan perorang. apalagi untuk tipe orang yang susah makan/pemilih soal rasa makanan kaya saya (baca: lidah kampung) . Dengan menginap di hotel yang menyediakan breakfast paling ngga pilihan makanannya banyak atau minimal ada roti atau buah jika makanan yang di sediakan tidak masuk di lidah kita. dan makanlah di akhir waktu sarapan, biasanya jam sarapan hotel jam 07.00 - 10.00 sarapanlah di jam 9.00 atau jam 9.30, Tenang ga akan kehabisan makanan kok walaupun kita sarapan di jam tsb, dan karena maldives adalah tempat berlibur untuk leyeh-leyeh rata-rata tamu  hotel memang bangun siang.


tempat kami menginap di maafushi (Arena beach hotel)

ketiga  bawa  makanan dari indonesia, kembali ke soal lidah kampung dan harga makanan yang mahal, membawa makanan dari indonesia adalah pilihan yang sangat tepat. bawalah roti tawar dengan selai (atau selai ambil selai kotak  saat sarapan di hotel haha), pop mie (wajib banget yaaa) dan cereal serta susu kental manis sachet atau susu bubuk sachet sesuai selera (lha kaya lagi ngasih resep bikin kue). dan cemilan-cemilan lainnya. lumayan menghemat banget. saya malah tidak mengeluarkan uang sama sekali untuk makan selama di maldives, sarapan di hotel, makan siang pop mie, makan malam cereal dan roti yang di bawa dari rumah. ini sangat saya sarankan apalagi untuk kamu yang menginap di resort karena harga makanan di resort mahalnya bukan main. saat saya menginap di watervilla di malam terakhir di tawarkan untuk buffet dinner seharga 100USD perorang (kalau dirupiahin sekitar 1.350.000 wew). kalau kamu menginap di maafushi banyak hotel yang menyediakan buffet dinner rata-rata 12USD perorang ( 162.000 IDR) kali 2 orang sudah 300ribuan. alhamdulilah bekal makanan lebih dari cukup malah  saya tinggalkan di resort saat chek out karena masih banyak sisa dan malas bawa pulang lagi berat boo haha.


keempat ini sih soal pilihan.  kalau kamu memang mau backpacker ke maldives dan menekan budget semurah mungkin, carilah hotel di hulhumale untuk menekan biaya transport, karena ke hulhumale tidak perlu naik speadboat cukup naik bis saja dari bandara, dan tarifnya cuma sekitar 16 rufiyaa saja. atau 13.000 rupiah. hotel di hulhumale untuk permalam juga masih murah di banding maafushi start from 450.000, hulhumale cenderung sepi dan tidak ada fasilitas apa-apa. tapi kalau kamu tidak masalah ya hulhumale bisa jadi pilihan terbaik, atau mungkin tipsnya kalau kamu menginap di hulhumale ambilah paket trip yang full day (sanbank picnic atau resort trip)  jadi di hulhumale/hotel hanya untuk tidur saja.

tapi kalau kamu ingin merasakan berjemur sambil bikinian di maldives, maafushi pilihannya, karena pantai yang di perbolehkan mengenakan bikini hanya ada di maafushi. maafushi adalah pulau lokal yang sangat hits dikalangan wisatawan, disini banyak penginapan murah namun tetap beratmosfer maldivessebut saja arena beach hotel atau kaani beach salah satu dari hotel terbaik di maafushi. rate untuk hotelnya start from 60USD atau sekitar 700ribuan. banyak banget yang bisa di explore di maafushi, sebagai tempat yang sering didatangi turis banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di maafushi.

untuk menuju maafushi kalau mau murah gunakan transportasi publik yaitu dengan ferry caranya dari bandara kamu harus ke male city dulu kemudian ke maafushi dari filingili. untuk ongkosnya dari bandara ke male naik dhoni ferry ongkosnya 10 rufiyaa ( lebih murah menggunakan rufiyaa), kemudian ke filingili terminal naik ferry yang ke maafushi ongkosnya 22 rufiyaa. tapi yang perlu diingat kamu harus tau jadwal ferry dari filingili ke maafushi. karena kalau kamu tertinggal ferry kamu harus naik speadboat dengan tarif 150 USD per boat, bisa sharing dengan wisatawan dengan tujuan yang sama itupun kalo ada yang mau. 



kelima ada banyak pilihan excrusion yang disediakan tiap-tiap hotel harganya berbeda-beda misalnya  seperti kemarin saya ikut halfday dari arena hotel, tempat saya menginap harganya 25USD perorang, tapi saat saya jalan-jalan di maafushi saya lihat ada yang jual paket halfday trip cuma 20USD, kalian bebas kok memilih, jadi walaupun kalian tidak menginap di hotel tsb kalian bisa mengikuti paket tripnya, seperti saat saya ke sandbank ada 1 orang yang tidak menginap di arena beach hotel tapi dia ikut trip dengan kami. jadi sebelum excrusion cobalah berkeliling mencari paket2 excrusion biasanya tiap-tiap hotel memasang harga di depan hotelnya untuk paket excrusion. syukur-syukur kalau dapat yang lebih murah dari yang di tawarkan hotel tempat kalian menginap.

sun bathing di sand bank
sandbank


keenam mau merasakan maldives sesungguhnya dan berfoto dengan background  watervilla ada banyak paket one day visit ke resort, cari saja yang sesuai budget, resort tour ini biasanya sudah dengan lunch dan transport. kamu sudah bisa menikmati semua fasilitas resort kecuali kamarnya yaa. tapi saran sih mending menginap semalam di watervilla (cuma saran lhoo) karena kita belum tentu ke maldives lagi paling ngga sekali seumur hiduplah mumpung ke maldives.



di paradise island resort


jadi asal kamu tahu tips and triknya, impian kamu ke maldives bisa jadi kenyataan kok. keep dreaming asalll...diikuti dengan action.

happy travelling happy people






2 comments:

  1. menarik banget kak artikelnyaa, jadi pingin banget deh trip Maldives hheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah mampir...yukk ke maldives skr makin banyak tiket promo ke maldives start from 2,5 PP lhooo

      Hapus

 

nining wahyoe Template by Ipietoon Cute Blog Design