Rabu, 01 November 2017

MAAFUSHI, Pulau Lokal bagi Budget Traveller #MALDIVESTRIP (part 1)

jadi butuh pertimbangan yang sangat matang ketika akhirnya memutuskan menginap di maafushi, pertama karena kami tiba di maldives hari jumat yang notabene public transport ke maafushi off. kami sempet bingung soal transportasi ke maafushi karena saya dan si bojo kan niatnya memang backpackeran ke maldives jadi yang ada dalam perkiraan kami adalah transportasi menggunakan public transportation.

Sempet booking hotel di daerah hulhumale dari jauh-jauh hari untuk cadangan kalau-kalau memang kita harus bermalam di hulhumale. jadi hulhumale itu pulau yang terdekat dengan airport dan sudah ada jembatan penghubung, makanya untuk transportasinya bisa menggunakan bis. tapi akhirnya saya cancel karena saya dapat penawaran dari Luxur Holidays dan beruntung paket yang saya minta ke Luxur Holidays sudah include transport jadi saya ga harus mikirin naik apa ke maafushi atau gimana cara naiknya, keluar airport tinggal cari orang yang bawa papan nama hotel Arena. baru keluar airport pihak hotel sudah ada di depan dan mengecek nama kami apakah terdaftar di dalam list tamu mereka. are u from indonesia? Mr. Avian ? yess .... dan kami langsung diantar menuju dermaga bersama 2 pasangan lainnya. jadi total 8 penumpang, 6 orang tamu hotel ditambah awak kapal 2 orang. kami langsung mengarungi lautan maladewa menuju ke maafushi.

Cara hemat menuju Maafushi

Oia sebenernya kalau kami datang bukan di hari jumat kami bisa naik transportasi public dan mungkin lebih murah. jadi untuk menuju maafushi dengan transportasi public (berdasarkan searching di mbah google) adalah : dari velana international airport naik ferry ke male dengan tarif 10 Rufiyaa atau 1 USD (lama perjalanan  airport ke male cuma 10 menit) kemudian ke pelabuhan vilingili untuk naik ferry lokal   yang ke maafushi dengan tarif 22 rufiyaa tapi harus tahu jadwal ferrynya. kalau kamu mau cepet sampe atau ketinggalan ferry lokal kamu bisa share speadboat dengan tarif perorang 25- 30 USD jadi kalau kamu tiba di maldives hari jumat  dan kamu mau berhemat, bisa bermalam dulu di hulhumale kemudian ke maafushi di hari berikutnya. kemarin karena saya pikir sayang waktunya karena saya ke maldives cuma 4 hari ditambah hari pertama lebih lama di kuala lumpur. jadi saya memutuskan untuk langsung menginap di maafushi.

jadi maafushi itu adalah pulau penduduk yang hits di kalangan turis, disana banyak banget hotel-hotel dan guest house. kenapa saya pilih Arena hotel karena menurut rekomendasi Arena hotel adalah salah satu hotel terbaik di maafushi, dan punya area pantai sendiri yaitu arena Beach,  oia hotel di maafushi yang juga recomended adalah Kaani Beach hotel, Arena hotel, Crystal Sand dan Velana hotel. sebenernya kalo mau lebh hemat lagi bisa mencari guest house atau hotel-hotel biasa dengan tarif 50-60 USD permalam, tapi  karena kami belum tentu 5 tahun sekali atau 10 tahun sekali ke maldives jadi saya udah niat banget kalo nginep di maafushi maunya salah satu dari hotel terbaik.

crystal sand salah satu hotel yang bagus di maafushi
perjalanan dari Velana International airport ke maafushi menggunakan speadboat kurang lebih 45 menit. jalannya goyang-goyang karena ombak untungnya saya ga mabok laut. sampai di dermaga maafushi kami disambut oleh staff hotel Arena, koper dan barang bawaan lainnya di bawakan oleh pihak hotel dengan menggunakan gerobak, entahlah ini tradisi atau memang maldives ingin menerapkan go green atau memang jarak yang tidak terlalu jauh. sehingga koper-koper itu diangkut menggunakan gerobak yang terbuat dari besi.

suasana di maafushi

tiba dihotel disambut ramah dan ciri khas maldives kami diberikan sapu tangan basah mungkin karena maldives panas jadi untuk menyegarkan tapi karena kami tiba malam ya ini ga ngaruh banget yaaa hihi. staff hotel meminta pasoprt kami untuk di fotokopi. sambil menunggu proses chek in mereka menawarkan excrusion/ trip yang disediakan oleh hotel. karena dari semula saya dan suami memang berencana untuk melihat dolphin jadi kami memilih halfday trip yang berisi : 2 kali snorkeling di 2 spot, melihat lumba-lumba, lunch di sandbank harga untuk paket halfday trip adalah 25USD / pax. trip dimulai jam 10.00 pagi setelah breakfast dan mereka menginstruksikan agar kami berkumpul di lobby jam 9.45.  setelah proses chek in selesai kami diantar menuju kamar.

maldives memang ditakdirkan untuk yang berpasangan bahkan sepedapun gandeng *LOL
kamar type standar

kami booking kamar standar, kamarnya cukup nyaman ga terlalu luas namun ga terlalu sempit juga, ada balkon dan ada jemuran di balkon nyesel bawa baju banyak padahal bisa jemur cucian di balkon haha *naluriemakemak

hotelnya sendiri persis di depan pantai, jadi punya langsung akses ke Arena Beach, ada fasilitas sepeda gratis.

ayunan depan hotel

yang asik sih rooftopnya bisa lihat pantai yang bagus banget dari atas sambil duduk-duduk santai

duduk di rooftop sambil menunggu sunset

view dari rooftop

air mineral diisi setiap hari lumayan hemat selama di maldives saya bahkan ga beli air mineral (penghematan banget) walaupun harga air mineral di maldives ga semahal di singapore. harga air mineral yang ukuran 1 liter di maldives dihargai 10 rufiyaa (liat di minimarket, tapi ga beli)

breakfast

selesai sarapan kami berkumpul di lobby untuk kemudian memilih life jacket, kacamata snorkeling dan spin yang sesuai ukuran.

siap-siap snorkeling

jam 10.00 kami menuju jetty/dermaga menuju spot snorkeling.

di spot pertama ikannya lucu-lucu dan warna warni, berasa nonton film nemo versi live si nemo sama dory berkeliaran dimana-mana terus ketemu baby shark juga *kemudian nyanyi baby shark...tutururt..tuturutut... sayang fotografi underwaternya ga jago

kemudian menuju spot kedua dimana kita bisa temukan si turtle alias kura-kura ninja,di spot kedua ini ombaknya kenceng banget  saya yang ga bisa berenang walaupun udah pake pelampung cukup kesulitan karena kacamata snorkeling yang sering banget kemasukan air, untungnya life guardnya  Arena hotel sigap bantu. saya nyerah dan minta menunggu di speadboat aja *gagal bikin video bareng sama turtle ala raisa

setelah spot kedua selesai ini spot yang saya tunggu-tunggu yaitu lihat dolphin secara langsung ahhhh terus saya norak-norak bergembira, once in a lifetime saya lihat dolphin di lautan lepas secara langsung biasanya kan lihat di taman safari atau di gelanggang samudera. dolphinnya ga cuma 1 atau 2 tapi buanyakkk....iya buanyakk,  si bule-bule malah asik nyeburin diri ngejar si dolphin saya sih cukup dari atas speadboat aja. ( video dolphin bisa lihat di instagran @nining_wahyoe)

puas lihat lumba-lumba kita picnic di sandbank sekaligus lunch. di sand bank panas banget dibuatkan tenda sih sama staffnya, dapat free lunch mie goreng dan sosis di tambah salad + juice kemasan dan air mineral. entah laper atau emang suasana sandbank yang asikk itu mie goreng berasa nikmat banget *lebay

menuju sandbank

sandbank

jam 2.30 kami dipanggil untuk naik speadboat karena jam picnic udah selesai padahal  si bojo lagi seru-serunya mainan drone. sampai hotel jam 3.30 sore istirahat sebentar di hotel setelah sholat ashar kami jalan-jalan sore keliling maafushi. pulau-pulau di maldives notabene kecil-kecil ga butuh waktu lama buat keliling  pulaunya. oia maafushi adalah salah satu pulau penduduk jadi selain banyak hotel-hotel juga banyak rumah penduduk. berbeda dengan pulau-pulau lain yang nota bene 1 pulau berisi 1 resort dan biasanya nama resort sam adengan nama pulaunya. di maafushi sendiri jalanannya khas jalanan dibiarkan pasir saja tanpa aspal atau blok. ahhh suka suasana sore di maafushi. suasana khas kampung jaman dahulu dimana anak-anak kecil main di depan rumah. beberapa dari mereka tak segan menyapa turis seperti kami dengan bahasa inggris yang fasih padahal bahasa maldives sendiri adalah dhivehi.

taman bermain di maafushi

salah satu stand watersport di maafushi
ternyata ada maldivian idol

Bank Maldives di maafushi

bergaya di depan kantor polisi

nah kalo ke maafushi jangan lupa cobain gelato terkenal ini namanya jammin gelato, harganya 2USD untuk 1 scoop rasanya enak banget, saya pilih coconut dan mango. lokasi jammin gelato ini persis ada di depan crystal sand hotel.

saya ga tau sih apakah kalo kamu menginap di hulhumale atau male city  juga banyak watersport atau excrusion, kalo kamu mau menikmati  maldives dengan cara backpacker maafushi bisa jadi pulau persinggahan yang asyiikk karena selain ada bikini beach setiap malam ada live music yang di tawarkan di beberapa resto. untuk harga dinner buffet juga murah kok seperti di Arena Hotel misalnya harga buffet dinnernya 12USD/pax. dimulai dari jam 7 - 10 malam.

FYI maldives merupaka negara dengan 100% muslim jadi untuk berbikini tidak boleh sembarang tempat ada pantai khusus bikini di maafushi, pantainya gratis hanya dibatasi pagar yang terbuat dari daun-daun saja, dan di maldives di larang  minum minuman beralkohol kecuali di resort, di maafushi saja saya lihat ada kapal besar yang posisinya di tengah laut dari sore sampai malam kok ga bergerak-gerak ternyata itu adalah kapal tempat untuk minum-minum. ahhh suka deh sama negara ini bisa welcome ke turis tapi punya aturan yang tegas.  karena maldives 100% muslim jadi tidak susah menemukan masjid dan setiap waktu sholat masih terdengar suara adzan.

Maldives bisa dinikmati sesuai budget bukan? yukk rencanakan !