Senin, 18 September 2017

Merasakan sensasi rock climbing tertinggi ke 2 Asia di gunung parang



hi weekender....bingung mau ngabisin weekend kemana? cobain deh rock climbing gunung parang di purwakarta. weekend lalu saya memberanikan diri untuk menaklukan hatimu gunung parang.
berangkat dari depok jam 6 pagi sampai di purwakarta jam 09.00 namun ternyata lokasi gunung parang ini kurang lebih  1 jam dari kota purwakartanya. bermodalkan aplikasi waze sampai juga ke badega gunung parang. badega gunung parang ini kaya basecampnya sebelum naik ke gunung parang. sampai di badega jam 10.00 perut lapar karena belum sarapan. saya bertemu dengan kang baban guide kami yang akan menemani mendaki gunung parang. kang baban bilang jangan makan berat sekarang, nanti jadi malas naik. akhirnya kami ga jadi makan nasi makan roti dan segelas es teh manis saja. bayangin aja sarapan cuma roti harus  mendaki gunung 300 meters. lets go lah....yang dibutuhkan sebelum mendaki gunung parang :

  1. Stamina yang OK, ada baiknya sebelum melakukan climbing kamu pemanasan dulu. 
  2. Air mineral karena diatas ga ada yang jual air minum (saya bawa 2 botol @600ml)
  3. Sunblock, karena panas banget, ga mau kan kulit kamu kebakar matahari jadi gunakan sunblcok Spf min 50
  4. Sarung Tangan, selain biar tangan kamu ga belang juga biar ga sakit saat mendaki karena setiap kita naik kita akan pegangan ke besi via feratta.
  5. Pakaian ganti, untuk ganti selepas kamu mendaki, bisa numpang mandi kok di basecamp
pasang pengaman dulu 
banyak yang nanya safety ga sih? selama kamu mengikuti prosedur keamanan cara penggunaan carabiner insha Allah amaan, selain kita pakai carabiner kita juga pake helm untuk menghindari kejatuhan sesuatu dari atas. cuma kurangnya satu sih belum dilengkapi dengan asuransi kecelakaan.

masih bisa bergaya sebelum treking

baru treking aja udah ngos-ngosan plus kepala pusing banget... rasanya ga sanggup kalau harus climbing, tapi masa iya udah jauh-jauh kesini ga jadi climbing? kan ga lucu...ngaso sebentar sambil briefing cara pakai carabiner dsb.... saat mulai climbing asliii ga berasa, malah lebih berasa capek pas trekingnya, eh apa karena saya ga pernah olahraga yaaa jadi berasa banget. naahh mulai climbing tengah hari bolong berasa doong panasnya kaya apa tau...rasanya berasa matahari tepat di atas kepala kita banget. tapi untungnya naik pas siang hari daripada sore pasti turunnya buru-buru banget karena takut kemaleman diatas, mungkin sebenernya enaknya naik pagi jam 7an gitu jadi masih segerrr cuma karena kemarin kita sampai sana juga udah siang. mau ga mau langsung naik. kalau kalian pergi rame-rame mungkin enaknya menginap semalam di gunung parang besoknya pagi-pagi climbing, untuk penginapan disini harganya 450.000 permalam. 

abis treking ngaso duluu sambil atur nafas

waktu yang dibutuhkan untuk mendaki gunung parang tergantung kitanya yaaa...kemarin saya naik jam 11,00 siang turun sampai di basecamp lagi jam 14.30 jadi kurang lebih 3,5 jam diatas. mungkin bisa lebih cepat atau lama tergantung berapa sering kita istirahat dan foto-foto hahaha kalo kita sih kemarin lamaan foto-fotonya kayanya. kalau mau naik kesini tenang guidenya jago banget motret kok tanpa diminta dia udah motoin kita. hasilnya juga bagus-bagus. kalo kamu bawa kamera terus mau difotoin kamu kasih aja kameranya ke akang guidenya. jadi biar di yang bawain kamu ga usah berat-berat bawa kamera. bawa badan aja udah berat yakaannn? biarlah cameranya dibawain sama si akang.

awal pendakian


biar ga berasa capek selfie-selfie duluu

ada beberapa spot kece klimaksnya di 300 meter ini jadi sayang banget kalo kamu ga mendaki samapai 300 meters. karena mendaki gunung parang ini kan memang ada beberapa pilihan 250meter, 300 meter dan 900 meters (sampai puncak) biasanya sih kalo yang 900 meters itu yang mau camping /menginap di puncak gunung. kalo cuma mau selfie anti mainstream sih 300 meters udah keren banget kok viewnya.


yang penting cara mindahin carabinernya harus bener

ngaso sambil liat pemandangan waduk jatiluhur


mengumpulkan keberanian buat bisa lepas dua tangan
untuk merasakan sensasi climbing via verrata kamu cuma perlu merogoh kocek 150.000 untuk pendakian setinggi 300 meter. nah yang 250 meters itu cuma 100.000 tapi sayang mending ambil yang 300 meters sekalian karena disitulah spot favorit intsgramers kekinian hahaha. dan inilah spot favorit di ketinggian 300 meter.







gimana seru kaaan? dijamin semua rasa capek dan takut ilang saat mencapai titik 300 meter ini karena view disini bagus banget dan anginnya juga lumayan segerrr dari ketinggian ini. pas sampe sini kita justru males turun hahaha. turunnya sih yang PR menurut saya, capek leher karena harus menghadap ke bawah terus buat liat pijakan kakinya. padahal dulu turunnya rappling lhoo, ngga tau deh sekarang turun pake cara rappling ini masih ada apa ngga.

sampai bawah langsung berasa laparrr, mana menunya enak banget lagi sayur asem, ikan asin, ayam goreng dan sambal terasiiii tapi lupa foto saking lapernya, langsung lahap karena baru makan roti tadi pagii.


oia saya pake jasa guide dari gunungparang_badega cari dari instagram guidenya baik banget namanya kang baban dan kang Aldi silahkan langsung hubungi mereka yaa yang mau nyobain rock climbing gunung parang  call or WA di 08132217942 jangan lupa titip salam buat kang baban *ehh hhahaha



selamat merasakan sensasi rock climbing


Gunung parang
Kampung Cihuni, Purwakarta

0 comments:

Posting Komentar

 

nining wahyoe Template by Ipietoon Cute Blog Design