Jumat, 18 Agustus 2017

[ EXPLORE SEMARANG ] jalan Jalan Hemat



jadi trip kali ini adalah pertemuan antara member bangkok trip dan member bromo trip dengan tambahan 2 personil baru (personil? macam girl band aja hahaha). karena kami fakir cuti jadilah kami merencanakan kepergian ini jumat malam. dengan kereta ekonomi tawang jaya yang berangkat dari stasiun pasar senen jam 23.00 malam. iya kereta EKONOMI...karena moto setiap perjalanan kami adalah "travelling ga harus mahal yang penting sering" dan point no.1 adalah murah nomor satu wkwkwkw


di kereta ternyata full, jadilah kami grasak grusuk mencari posisi pewe buat tidur tapi ga dapet juga akhirnya mungkin mata kami cuma merem beberapa detik saja lalu kemudian bangun dan ngobrol sampai pagi. tiba di semarang jam 06.30 mau numpang mandi di stasiun tawang tapi toiletnya tidak memungkinkan untuk ditumpangi mandi oleh rombongan kami. nelpon ke hotel minta early check in biar bisa numpang mandipun tak berhasil karena katanya hotel full. akhirnya kami mandi di pom bensin. untunglah kamar mandi pom bensinnya bersih banget. setelah mandi dan wangi kamipun mengexplore semarang. 

sebelum berangkat berfoto di stasiun senen

ITINERARY 

Itinerary hari pertama.

Pagoda Avalokitesvara --- Eling Bening --- Susan Spa --- Sam po kong -- Pasar semawis 

karena hari pertama ini kami akan pergi ke ambarawa yang notabene lumayan jauh dari semarang kota, kami menyewa mobil xenia dengan harga sewa 500.000 untuk 12 jam sudah termasuk mobil,bbm dan sopir. jadi kita tinggal duduk manis aja. sebelum ke destinasi pertama kami sarapan dulu di warung makan special ikan manyung ibu fat. dua kali ke semarang baru kali ini nyobain kuliner ikan manyung yang maknyoss...yang suka pedas wajib banget nyobain makanan ini. ikan asap dengan kuah pedas tapi salahnya saya sarapan makan beginian alhasil perut agak mules. mungkin cocoknya untuk makan siang. rasa ikannya enak banget khas ikan asap. sepotong ikan asap dihargai 20ribu tanpa nasi. 


sarapan 


ikan manyung

selesai sarapan langsung menuju pagoda watu gong atau pagoda avalokitesvara. karena ini rumah ibadah jadi tidak ada tiket masuk hanya dikenakan biaya parkir mobil saja 5000 rupiah. karena pagoda ini masih aktif dijadikan tempat ibadah jadi jangan berisik atau bikin rusuh yaaa kalo mau berfoto di depan pagodanya. 





lanjut ke eling bening. masih agak bingung sih sama eling bening ini. ini tempat wisata atau tempat makan. jadi masih ambigu aja...kalo dibilang tempat wisata, kami tidak menemukan wahana dan semacamnya hanya view panorama gunung dan rawa pening saja. tapi kalau dibilang resto juga untuk masuk sini dikenakan HTM sebesar 15.000/orang yang bisa ditukar dengan air mineral. katanya sih eling bening ini milik mantan menteri era presiden soeharto yaitu bapak siswono yudo husodo (info dari sopir grabcar). pemandangannya sih bagus namun minim pepohonan jadi agak terik, apalagi datangnya siang bolong seperti kami, mungkin bagusnya datang kesini sore hari. tapi sore juga sayang cuma sebentar karena tempat ini tutup jam 18.30 ahhh ya sudahlah datang kapan saja sesuka hatimu aja deh hahaha....



minum di resto eling bening 

swimming pool resto eling bening

view jalanannya keren yaa



di eling bening karena kami numpang ngadem dan duduk-duduk di restonya waitersnya bolak balik menawarkan menu, akhirnya kami pesen minuman yang rasanya so...so...lah. untung ga order makan disitu. jadi kesimpulan saya untuk ELING BENING adalah kalo penasaran boleh di coba tapi kalo mau dijadikan tempat wisata mending skip dan cari tempat wisata lainnya. ga recomended apalagi kalo perginya sama anak kecil. ga kids friendly.

masa kecil kurang bahagia


destinasi selanjutnya adalah Susan Spa, tempat Spa yang juga ada resto dan villa penginapannya ini keren banget. tempatnya ademmm...masuk susan Spa dikenakan HTM 25.000 berupa voucher yang bisa ditukar di restonya. dari tempatnya mewah banget, biasa digunakan untuk acara pernikahan karena ada chappel seperti di bali. 








makan siang di restonya susan Spa dengan menukarkan voucher HTM, untuk harga makanannya masih terjangkau dan rasanya saya bilang sih enak, porsinya pas ga terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. jadi kalo diitung-itung sih sebenernya masuk susan spa ini gratis yaaa karena tiketnya bener-bener bisa ditukar makanan  seharga HTM. tempatnya kece banget buat foto-foto. 

nasi + gepuk 30K

ini lupa nama minumannya
foto ala-ala food blogger

sorenya kami ke sam po kong, masuk klenteng ini HTMnya 8000 saja. sejarah sampokong menurut wikipedia, Kelenteng Gedung Batu Sam Po Kong adalah sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota SemarangMenurut cerita, Laksamana Zheng He sedang berlayar melewati laut jawa, namun saat melintasi laut jawa, banyak awak kapalnya yang jatuh sakit, kemudian ia memerintahkan untuk membuang sauh. Kemudian merapat ke pantai utara semarang untuk berlindung di sebuah Goa dan mendirikan sebuah masjid di tepi pantai yang sekarang telah berubah fungsi menjadi kelenteng. Bangunan itu sekarang telah berada di tengah kota Semarang di akibatkan pantai utara jawa selalu mengalami proses pendangkalan yang di akibatkan adanya proses sedimentasi sehingga lambat-laun daratan akan semakin bertambah luas kearah utara.

berfoto di klenteng ini berasa bukan di semarang tapi di korea. *eeeaaaa halu bangunan yang didominasi warna merah ini lucuuu banget buat foto-foto.





sebenernya masih pengen mampir ke kota lama tapi karena udah capek jadi kami memutuskan untuk kembali ke hotel. tapi sebelumnya mampir pasar semawis dulu buat makan malem walaupun pada akhirnya jadinya take away dan ga jadi makan di semawis karena udah capek banget dan kurang tidur jadi berasa banget capeknya. jam 19.00 memutuskan mengakhiri perjalanan hari itu dan langsung menuju hotel. 

hari kedua karena destinasi kita hanya kota semarang dan sekitarnya kami memutuskan untuk naik go car aja dan salut banget buat go car dan taxi online lainnya di daerah yang masih sopan-sopan walaupun kita perginya rombongan masih mau terima, coba kalo dijakarta pergi rame-rame 1 mobil gini bisa dicemberutin abangnya, udha gitu tarifnya cuma 15.000 yaaa kita sih sadar diri ga mungkin juga ngasih 15.000 pasti kita lebihin. kita ke kota lama semarang berfoto di gedung-gedung tua kota lama. 



the real candid rusuh yaaa....wkwkwk




puas foto di gedung-gedung tua kami langsung ke lawang sewu yang menjadi ikon kota semarang. walaupun katanya angker tapi nyatanya tetap ramai pengunjung dan tidak berkesan angker sama sekali mungkin karena kami kesana siang hari. untuk HTM lawang sewu adalah 10.000 dewasa 5000 untuk anak-anak. 






dari lawang sewu kami ke kampung pelangi, ituloh kampung yang di cat warna -warni seperti di malang (kampung warna -warni) tapi dikampung pelangi kami hanya berfoto di depannya saja karena mengejar waktu, karena kereta kami berangkat jam 13.15. kembali ke hotel leyeh-leyeh sebentar sambil menunggu dzuhur kemudian back to jakarta dari stasiun tawang. 



Trip paling murah yang pernah ada hahaha gimana ga murah lihat nih :

tiket kereta ekonomi (berangkat) Pasar senen - semarang = 120.000 diskon dari traveloka jadi 107.000
tiket pulang kereta ekonomi  tawang - pasar senen 120.000 diskon jadi 116.000
hotel Smart budget hotel semarang 150.000 permalam diskon traveloka jadi 130.000/kamar bagi 2 cuma 65.000 perorang 
Sewa mobil dan go car selama di semarang 100.000/orang       (udah di budgetin dari jkt)
HTM Eling bening 15.000
HTM Susan Spa 25.000 (itupun itung-itung makan siang)
HTM Sam poo kong 8000
HTM lawang Sewu 10.000

TOTAL PENGELUARAN = Rp. 446.000 sajaaa..... karena tiket kereta dan budget sewa kendaraan dan hotel udah beli 3 minggu sebelumnya jadi makin ga berasa, karena pengeluaran pas berangkat cuma buat HTM sama makan aja....

untuk makan juga ga banyak kok sekali makan masih di bawah 20.000 (tapi lupa ngitung) 



jadi jalan-jalan ga harus mahal kan? yang penting SERING .....



see u on next trip story !






0 comments:

Posting Komentar

 

nining wahyoe Template by Ipietoon Cute Blog Design