Selasa, 24 Januari 2017

liburan murah ke belitong (belitong trip part 1)

Andrea hirata berhasil membuat saya penasaran dengan negeri laskar pelangi ini....yup Belitong atau Bangka Belitung sudah masuk di wishlist destination saya sejak lama, tapi baru terlaksana di januari 2017 ini tepatnya  21-23 januari dan pas kebetulan liat tiket promo citilink PP cuma 700.000, ga perlu nunggu lama liat promo rabu sabtu langsung berangkat (ahhh senangnya backpacker) jarang banget dapetin yang kaya gini biasanya setiap trip saya selalu merencanakan minimal 3 bulan sebelumnya udah beli tiket, ini 3 hari sebelumnya *sambil joget-joget kegirangan....... dan yang lebih bikin seneng lagi  ga perlu pake cuti karena saya pergi sabtu pagi dan pulang senin pagi terus langsung masuk kantor walau terlambat 1 jam masuk kantor.

sabtu, 21 Januari 2017

Dengan menggunakan maskapai citilink berangkat sabtu  first flight jam 5.55 dan tiba di tanjung pandan jam 7 pagi,  Janjian dengan bapak hasyim yang menyewakan motornya di bandara oia saya dapet contact pa hasyim ini dari sis silvia  Sebelumnya sudah hunting juga tapi rata-rata mereka tidak bisa antar jemput motornya di bandara hanya di hotel daerah tanjung pandan saja, mungkin karena jauh yaaa, jarak dari bandara ke kota tanjung pandan kurleb 20km tapi yang saya suka jalanan disini walau jauh waktu tempuhnya sebentar karena jalanan mulus mungkin dari andara ke kota hanya membutuhkan waktu 30 menit.  Setelah memberikan fotocopy KTP ke pak hasyim saya membawa honda beatnya, iya syarat sewa motor disini juga ga ribet seperti di bali atau jogja yang harus menjaminkan KTP atau tanda pengenal lainnya cukup foto copy KTP saja saya sudah bisa membawa motor untuk mengexplore negeri laskar pelangi. oia sewa motor disini kemarin saya kena 70.000/hari karena weekend.

mie belitung 16K

Karena dari depok berangkat jam 3 pagi belum sempat sarapan setibanya di tanjung pandan langsung menuju mie Belitung atep tapi sayang pagi itu tutup akhirnya makan mie belitungnya di kopi kong Djie jadi mie belitung ini mie dengan bumbu kental seperti kari dengan pelengkap udang dan emping nikmat banget. jangan lupa kalo ke kong Djie cobain kopinya juga.

kopi susu ala kong jie

Setelah menyantap mie khas Belitung tsb saya menuju hotel maxone tempat kami menginap untuk menitipkan tas yang berisi baju. Setelah itu langsung menuju tanjung kelayang untuk mengexplore keindahan pantai belitong ini.

Sampai di tanjung kelayang jam 9.30 langsung disambut bapak-bapak yang menawarkan kapal. Harga sewa perkapal 450 ribu rupiah diluar pelampung dan alat snorkeling. Untuk pelampung dan kacamata snorkeling sewa dengan harga 50ribu untuk keduanya. Mencoba menawar harga sewa (tetep emak-emak usaha nawar ) tapi tidak bisa ditawar dengan alasan harga sudah patokan dari organisasi pengusaha pemilik kapal  jadi setiap pemilik kapal dilarang memberikan harga di bawah harga pasaran. Tadinya mau coba cari temen sharing tapi karena si bapak pemilik kapal bilang hari itu, kapal sudah hampir habis jadilah akhirnya kami deal utk membayar sesuai yang ditawarkan. Karena saya pikir daripada harus menunggu lagi dan sayang waktunya mengingat kami hanya punya 2 hari untuk mengexplore Belitung.

Setelah deal 2 awak kapal mengantar kami ke kapal dan mulai hopping island. Dimulai dengan pulau burung garuda dengan batu berbentuk burung garuda, pulau lengkuas, pulau kepayang, pulau pasir (yang ini ga turun Cuma berhenti sebentar karena Cuma gundukan pasir saja)  klimaksnya belitong ini adalah view dari mercusuar pulau lengkuas menurut saya, benar-benar memanjakan mata sekali, mau berlama-lama tapi sayang yang antri banyak jadi kasian yang lain. saat saya kesana ada banyak rombongan sebanyak 300 orang dari perusahaan yang sedang melakukan trip (ahhh kapan kantor gw begini *ngayalll). untuk mendapatkan view ini saya hanya butuh 5000 rupiah saja dan meniaiki anak tangga sebanyak 18 lantai (jumlah anak tangganya sendiri saya ga tau berapa hehe)

and this is the view.....

pemberhentian pertama pantai batu garuda (entahlah apa namanya lupa tapi saya menyebutnya begitu hehe)

pemberhentian kedua pulau lengkuas naik mercusuar

selesai menikmati pemandangan dari mercusuar kami snorkeling, spot snorkling agak ketengah dari pulau mercusuar

alat wajib  snorkling...pelampung udh dipake jadi lupa masuk frame

Selesai snorkeling kami bilas di pulau  kepayang, kata bapak awak kapal sih bilas, ngopi dan ngeteh disana hanya membayar 15ribu saja. Tapi pas sampai sana ternyata kita bebas bilas dan ganti baju alias gratis. Tapi karena perut sedikit lapar kami membeli es kelapa muda dan  pisang goreng dengan harga 25ribu untuk 4 pisang goreng. Padahal kalau makan seafood disini pasti lebih nikmat makan seafood dengan pemandangan laut lepas, tapi karena pernah baca blog orang yang katanya makan disini perorang bisa kena 110rb dan rasanya kurang enak akhirnya saya lebih memilih mengganjal perut dengan pisang goreng (kesian ya maaakk liburan dadakan minim budget)

pemberhentian ketiga pulau kepayang...

lunch with the view (tapi makannya pisang goreng hahaha)

dari pulau kepayang lalu ke pulau pasir tapi ga berhenti cuma liat dari atas kapal aja. langsung menuju pulau kelayang. ini saking banyaknya pulau sampe ga hapal kita ambil foto dimana aja

Selesai hopping island jam 4 sore lalu kami menuju pantai tanjung tinggi yang terkenal karena film laskar pelangi. Pantai khas belitong dengan batu-batu besar. Menikmati semangkuk pempek dipinggir pantai tanjung tinggi karena tadi belum makan siang. Setelah itu menunggu sunset di atas batu besar. Oia masuk pantai ini tidak ada tiket masuknya bahkan tukang parkirpun tidak ada, kita bisa parkir di pinggir pantai.

Setelah menikmati sunset kami langsung menuju hotel....puas banget seharian jadi anak pantai.  sampe hotel baru berasa kaki pegel karena naik mercusuar....ketauan jarang olah raga jadi malamnya kita ga kemana-mana siapin energi untuk mengexplore belitung timur (tempat syuting laskar pelangi)

tapi sebelumnya saya mau kasih tips liburan murah ke belitong :

1. carilah tiket promo, mungkin bisa dapat tiket lebih murah dari yang saya dapatkan jika memesan dari jauh-jauh hari.
  2. untuk akomodasi transportasi bisa sewa sepeda motor yang langsung di antar ke bandara, sebagai informasi tidak semua penyedia jasa sewa sepeda motor bersedia mengantar ke bandara, biasanya dari bandara ke kota tanjung pandan bisa naik travel dengan biaya 40.000/orang, lumayan menghemat transportasi jika kamu menyewa sepeda motor yang di antar ke bandara.
  3. saat hopping island bawalah makanan/cemilan karena harga makanan di pulau agak overpriced, atau kalau tidak mau ribet nenteng cemilan isilah perut dulu sebelum hopping siland.
  4. harga sewa kapal 450.000 (kalau kamu pergi sendiri atau berdua pasangan cobalah cari orang yang juga pergi sendiri/berdua untuk sharing biaya sewa kapal)
  5. tenang harga makanan disana (kecuali di pulau) masih bersahabat kok dengan kantong backpacker.

disana banyak juga pantai yang bisa diakses secara gratis alias tanpa tiket masuk, kalau tidak bisa hopping island karena ga dapet teman sharing sewa kapal kamu cukup explore pantai-pantai tersebut. tapi sayang sih kalau tidak hopping island karena view dari atas mercusuar pulau lengkuas sangat sayang untuk dilewatkan jika kamu mengunjungi belitong.

jadi gimana? udah siapin backpack kamu buat explore belitong?

to be continued.....( explore belitung timur )