Rabu, 16 November 2016

koreksi nama tiket airasia ? gampang kok


hi budget traveller...pernah mengalami salah ketik nama, kurang atau salah nama saat pesan tiket? (eh apa cuma gw doang yaaa, sambil celingak celinguk cari temen)




jadi kemarin kan beli tiket jakarta-bangkok buat tahun depan, nah karena baru perdana nyobain beli tiket lewat app traveloka di Hape (biasanya selalu lewat PC atau laptop) agak ga ngeh karena pas masukin nama udah otomatis muncul nama si bojo di list passanger mungkin bekas hunting-hunting tiket sebelumnya atau apalah, pokoknya begitu kita klik pesan langsung di arahkan untuk mengisi list passanger dan disitu udh ada nama bojo tapi saya ga ngeh kalo ternyata tanpa nama belakang  karena kan biasanya pas kita ngisi kolom nama fisrt name sama last name itu dipisah 2 kolom nah di app traveloka dijadiin satu kolom mungkin itu yang bikin saya ga ngeh. begitu ngeh pas dapet e-ticketnya dari traveloka buka emailnya kok namanya cuma avian padahal nama lengkapnya avian indrarto, sementara nama saya lengkap nining wahyuningsih. baru deh ngeh, waduh pasti nanti jadi masalah saat chek in atau saat pemeriksaan imigrasi. Langsung panik dong....akhirnya chat sama staffnya traveloka tapi jawabannya seolah menyalahkan saya yang tidak teliti dalam pengisian form, iya sih emang salah saya juga ga teliti tapi masa iya mbanya ga bisa bantu, tapi akhirnya pihak traveloka mengirimkan e-mail yang isinya prosedur koreksi nama dari masakapi airasia dimana isinya :


Berikut syarat dan ketentuan untuk koreksi nama di kantor penjualan AirAsia:
1. Tanggal lahir sesuai KTP/Passport.
2. Maksimal 3 huruf.
3. Maksimal 24 jam sebelum keberangkatan dan status tiket belum check-in.
4. Membawa kartu identitas atau Akte Kelahiran (bagi anak) untuk penerbangan domestik atau paspor untuk penerbangan internasional.
Syarat dan ketentuan untuk nama koreksi di bandara (AirAsia ticket counter):
1. Tanggal lahir sesuai KTP/Passport.
2. Maksimal 3 huruf.
3. Maksimal 6 jam sebelum keberangkatan dan jika status ticket sudah check-in akan tetap bisa di proses.
4. Membawa kartu identitas atau Akte Kelahiran (bagi anak) untuk penerbangan domestik atau paspor untuk penerbangan internasional.



telp call center air asia juga ga seratus persen yakin bisa atau ngga karena csnya mengacu ke prosedur yang 3 huruf tadi, csnya hanya menyarankan datang langsung ke kantor penjualan airasia dengan membawa pasport. deg-degan dong, panik secara tiketnya non refundable hhhuaaaa tiketnya sih promo tapi lumayan juga kalo sampe ga bisa dipake cuma gara-gara nama. akhirnya datanglah ke kantor Air asia yang di darmawangsa dengan bekal membawa pasport, mampir sebelum berangkat kerja ternyata sampai sana ada juga orang dengan masalah yang sama dengan saya terus entah kenapa saya seneng banget dapet temen senasib hehe, ternyata ga cuma saya doang yang salah hahaha, bapak-bapak itu malah ga nanggung-nanggung dua orang yang salah karena dia perginya memang sekeluarga deh kayanya. jadi saya dapet nomor antrian tepat setelah bapak tadi, saya agak lega juga berarti saya juga bisa dong koreksi satu kata (bukan 3 huruf, seperti di prosedur yang di email traveloka). akhirnya tibalah giliran saya di layani ga pake lama cuma bilang sama customer servicenya mau koreksi nama, mbanya nanya bawa pasportnya? saya serahkan pasport suami saya terus mbanya fotocopy pasportnya saya hanya diminta tulis email saya untuk travel itinerary yang baru yang nanti akan diikirim via e-mail oleh pihak air asia. selesai ga sampe 10 menit saya sudah meninggalkan kantor penjualan airasia. dan dua jam kemudian revisi tiket saya dikirim via email. yeayyy jadi udah tenang deh. buat kamu yang salah nama, atau kurang isi nama saat booking tiket ga perlu panik langsung datang saja ke kantor penjualan airasia. Ternyata setelah saya browsing juga bisa juga lewat e-mail kok jadi kamu ga perlu dateng tinggal isi e-form aja di https://eform.airasia.com/ nanti booking tiket yang baru akan dikirim via e-mail dalam waktu 5 hari kerja.  


semoga membantu untuk yang mengalami hal yang sama, tapi baiknya sih teliti saat memesan tiket perjalanan ya guys hehe. 



happy travelling happy people !


0 comments:

Posting Komentar

 

nining wahyoe Template by Ipietoon Cute Blog Design