Jumat, 01 Juli 2016

Mari belajar menulis dari penulis novel Adya Pramudita

Ketika dirimu terpisah dari seseorang di masa lalu,
tidak serta merta jejaknya terhapus dalam ingatanmu.
Seberapa jauh pun engkau pergi, sebahagia apa pun tawamu mampu tergelak.
Ia akan terus menguntit, hingga engkau harus kembali.”

            Mengingat dirinya, aku seperti melukis sketsa dari garis terakhir. Menemukan kegembiraan, tawa, jahil dan tangis pada kurun waktu yang lampau. Setidaknya, aku dapat mengenang, bahwa aku pernah merasa bahagia di masa laluku. Bersamanya... sketsa cintaku terasa tak pernah usang.
           Namun, ketika aku menemukanmu. Ataukah engkau yang menemukanku? Keseharianku seakan diselingi alunan lagu dengan lirik-lirik yang merdu. Kau mengenalkanku pada kehidupan yang memiliki begitu banyak warna. Kau juga yang menggenggam erat tanganku di saat aku harus membuat keputusan tersulit.
               Kehadiranmu bagai pilar untukku dapat bersandar, dan membantuku agar selalu berdiri tegar. 
         
uhhhh ada yang baper baca penggalan cerita di atas? *ngacung* iyes saya suka membaca novel. dulu pernah cita-cita jadi penulis tapi apalah daya sepertinya saya tidak mampu merangkai kata-kata indah. dengan membaca kadang saya ikut larut masuk ke dalam cerita, boleh dibilang saya melow kadang juga lebay..jadi kadang kalo udah baca buku  yang di filmkan suka tiba-tiba jadi komentator dadakan, harusnya yang jadi pemeran utama tuh artis ini yang jadi si anu tuh artis itu blaablaaablaaa....kaya yang nulis gampang dan ngerti film aja. 




oke kembali ke soal menulis novel, iya menulis novel itu menurut saya susah banget... saya suka membaca dan kadang suka tiba-tiba puitis setelah membaca novel. tapi untuk menulis sebuah cerita dalam bentuk novel itu butuh permainan kosa kata. jadi suka salut sama penulis-penulis novel. mengenal sosok penulis Adya Pramudita mempunyai kesan tersendiri, awal pertemuan kami di sebuah workshop di bogor. kala itu saya sudah terlambat dan sempat naik ojek demi mengejar waktu karena acara workshop dimulai jam 9 (kalau tidak salah) dan saya baru tiba di bogor jam 9 dengan menggunakan KRL belum lagi harus mencari alamat dimana workshop tersebut diselenggarakan maklum warga depok ga kenal daerah bogor hehe. dengan sedikit tersengal-sengal karena habis berlari saya masuk ke ruangan yang di dalamnya sudah banyak orang yang sedang duduk-duduk santai. saya pikir saya salah tempat akhirnya saya memberanikan diri bertanya "mba mau ikutan workshopnya blogholic juga ya?" tanya saya pada mba adya waktu itu, dan jadilah orang pertama yang ngobrol dengan saya adalah mba adya ini, selama workshoppun kami duduk bersebelahan.  

Adya Pramuditha ibu dari 3 orang anak yang juga telah menelurkan 3 buah buku (2 novel sendiri dan 1 novel kolaborasi) ini tinggal di bogor pantesan ga telat pas dateng workshop ya mba, rumahnya deket hehehe. 
ibu yang juga mulai aktif menulis blog lagi di http://www.adyapramudita.com/ ini mengisi blognya tidak hanya tentang cerita fiksi/novel tapi juga tentang keluarga. yang mau tau tips menulis wajib baca blog ini karena mba adya suka berbagi tips menulis di blognya. psssttt dan kadang kayanya suka curcol deh di label residu hati di blognya hihi...(piss mba adya). 


blognya mba adya pramudita


oia mba adya juga salah satu dari 9 orang penerima beasiswa Anitesa-Mizan di tahun 2013, namun sayang naskahnya yang berjudul "pramanik" yang membawanya menjadi pemenang hingga kini belum diterbitkan. dan salah satu cerpen yang berjudul sang datuk juga berhasil memenangkan green pen literary award sebagai pemenang ke 2.

buku yang disukainya adalah "ronggeng dukuh paruk" katanya bisa bikin baper dia berhari-hari eh terus saya jadi penasaran deh sama novel ini secara baru denger juga judulnya hmmm...kayanya sih bagus.

untuk lebih mengenal sosok adya pramudita bisa juga di follow di :

email : adyapramudita80@gmail.com
Facebook : adya tuti pramudita
Twitter : @adya_story 



1 comments:

  1. uwawwww ada yang baper hehehe ,,, makasih riview segarnya ya mba nining :) nice to meet you

    BalasHapus

 

nining wahyoe Template by Ipietoon Cute Blog Design