Kamis, 21 Juli 2016

Belajar banyak dari kisah uchy sudanto



uchy sudanto usianya belum genap 30 tahun saat dia bisa memiliki rumah sendiri. sangat membanggakan bukan? walau saya sendiripun punya rumah sendiri di usia 24 tahun genap sebulan setelah menikah itupun hadiah dari orang tua (tetap alhamdulillah). mungkin kalau saya jadi seperti  uchy bisa senang dan bangga juga  yaa punya rumah hasil jerih payah sendiri. gara-gara baca artikelnya uchy sayapun bersemangat untuk paling tidak merencanakan berinvestasi membeli rumah agar kemudian kelak saya juga bisa bangga punya rumah dari hasil keringat sendiri. dan nanti kalau sudah punya rumah hasil keringat sendiri rumah pemberian orang tua akan saya kontrakan untuk kemudian hasilnya akan saya berikan ke mereka sebagai bekal di hari tua mereka (amiiiinnnn semoga bisa di segerakan)



balik lagi ngomongin  uchy kehidupannya sangatlah tidak mudah ibunya pergi sejak ia masih berusia 7 tahun kebayang kan? usia 7 tahun saat anak baru  kelas 1 SD saat temen-temen yang lain masih bermanja-manja sama ibunya dia harus kehilangan sosok ibu yang menyayanginya. ahh uchyy (peluk uchy) mungkin karena kehilangan sosok ibu inilah yang membuat uchy remaja terjerumus ke pergaulan yang salah, merokok, minum-minuman keras dan suka menyakiti dirinya sendiri yang disebut self harm. apa itu self harm ? Self harm, self abuse atau self injury adalah cara untuk mengatasi permasalahan (lho bukannya cuma pegadaian yang bisa mengatasi masalah tanpa maslah? hehe *iklan). self harm ini biasanya dilakukan untuk melampiaskan emosi yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, untuk melepaskan/mengalihkan diri dari kenyataan atau untuk melepaskan emosi yang menyakitkan karena merasa tidak ada yang bisa mengerti dan mendengar semua masalah yang dihadapi si pelaku self harm tersebut. hal ini dilakukan dengan melukai diri sendiri dengan cara menyayat lengan atau bagian tubuh lainnya (bayanginnya aja saya ngilu ) pelaku self harm kadang berfikir sakit fisik lebih mudah dihadapi/diobati daripada sakit secara psikis.  sampe ga bisa berpikirnya saya kok bisa ya ada orang yang mau nyakitin diri sendiri? tapi kenyataannya memang ada saya sendiri sempat bertanya ke uchy 

Saya     : awal kamu kepikiran untuk menyakiti diri sendiri dengan cara apa? 
Uchy    : pertama banget pakai pecahan kaca karena adanya saat itu cuma itu
Saya     : ngga kepikiran ntar perih atau sakit setelahnya?
Uchy    : nggak mbak...itulah yang bahaya kita saking nahan emosi, nahan amarah yang ga keluar sampe ga berasa                pas  ngelakuinnya, besoknya baru berasa hehe

iya karena rasa emosi yang meluap-luap dan merasa sendriri tidak ada yang mau mengerti itulah hal yang biasanya menjadi awal para pelaku self harm tersebut, dan tidak merasakan sakit saat melukai diri sendiri. karena dengan melukai diri sendiri ada perasaan lega walau sebenarnya itu hanya sesaat. 

serius saya sempet meneteskan air mata baca cerita  uchy sudanto ini di blognya http://uchysudhanto.com/. saya tidak bisa membayangkan saat-saat sulit mba uchy diusia  yang orang lain justru harusnya menikmati masa remaja yang indah dia bergelut dengan dirinya sendiri. beruntung  uchy bisa bangkit dan bisa menata kembali masa depannya lewat mimpi dan cita-cita termasuk cita-cita memiliki rumah sebelum usia 30 tahun ini. semakin banyak aktifitas jadi  mulai ada teman-teman yang  yang support akhirnya uchy sadar bahwa self harm hanya melukai diri sendiri tanpa menyelesaikan apapun. 

Untuk menolong penderita Self Harm/self injury, adalah dengan menjadi tempat berkeluh kesah, mendegarkan cerita mereka dan membantu masalah yang mereka hadapi. 

nah sebagai orang tua ini jadi bahan pelajaran buat saya agar kita  jangan hanya menyuruh anak kita untuk ini dan itu ada baiknya orang tua meluangkan waktu untuk mendengarkan cerita si anak. yuk bangun komunikasi yang baik dengan anak sejak dini dan jangan hilangkan kebiasaan tersebut sampai kapanpun (sampai anak tumbuh besar) karena saat ini ada banyak orang tua atau anak yang kehilangan waktu untuk sekedar ngobrol, bercerita tentang kegiatan keseharian saat anak beranjak besar.  

 hiksss....baca ceritanya uchy ini kaya nonton drama korea dibikin mewek hihi yang mau kenalah sama uchy lebih jauh bisa follow sosial medianya : 

Facebook: http://facebook.com/itsuchysudhanto
 Twitter: http://twitter.com/uchysudhanto
 Instagram: http://instagram.com/uchysudhanto


uchy saat tampil di acara curahan hati perempuan di trans tv

siapa sangka pelaku self harm ini justru sekarang menjadi wanita yang menginspirasi, uchy sekarang jadi pribadi yang hebat dari sebelumnya terbukti dia menjadi salah satu narasumber di acara curahan hati perempuan trans Tv sebagai pecinta dan penyayang hewan. iya uchy ini punya banyak kucing dan anjing yang ia adopsi atau dia temukan di jalanan kemudian dia rawat. dia juga ikut dalam komunitas animal defender indonesia. inspiring womenlah pokoknya.  keep inspiring uchy !! 

4 comments:

  1. ahahaha maafkan kalau jadi bikin mewek mbak.. semoga bisa jadi pembelajaran bagi kita semua yg sudah maupun msh calon orang tua untuk lebih dekat ke anak-anaknya kelak.. terima kasih mbak nining..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak uchy aku padamu. Wah aku nggak nyangka, lho. Padahal mbak uchy ceria banget. Makasih sharingnya mbak nining. Makasih juga inspirasinya mbak uchy *hug*

      Hapus
    2. akupun fa akupun salut sama sosok satu ini...

      Hapus
  2. hwaaa ikutan terharu... salut u uchy yg bisa survive

    BalasHapus

 

nining wahyoe Template by Ipietoon Cute Blog Design