Senin, 25 April 2016

Menyelami Umbul Ponggok lebih mudah daripada menyelami hatimu EEEEeeAAAaaaa....

menyelam? diving? apa yang kamu bayangkan saat mendengar kata itu kalau saya hal yang pertaman terfikirkan adalah harus bisa renang walaupun saya pernah sekali melakukan diving di nusa dua bali dulu tapi saat itu saya mikirnya karena ada tabung oksigen jadi pasti saya akan tetap bisa bernafas di dalam air. nah kalau menyelam tanpa tabung oksigen? mikir dua kali sih awalnya...sampai keberanian saya timbul demi foto mainstream ala anak kekinian di umbul ponggok. banyaknya foto-foto lucuk dalam air umbul ponggok yang di share di instagram membuat saya penasaran. awalnya saya mikir ini cuma trik foto aja misalnya di depannya di taro akuarium terus kita bergaya di belakang akuariumnya jadi seolah-olah foto dalam air, karena mikir masa iya itu properti seperti TV, motor, sepeda, becak masuk ke dalam air tapi setelah saya baca itu ternyata beneran dalam air jadi penasaran deh...




semua informasi tentang umbul ponggok saya sudah saya kumpulkan termasuk booking jasa foto underwater umbul ponggo.  setelah banyak bertanya via whatsapp ke mas reza dari kudalaut fotografi yang jasanya akan saya pakai. mas reza ini asyik banget orangnya sayang saya ga sempet ketemu dia karena yang menangani fotonya akhirnya orang lain (mas hehen) dari tim kudalaut. 


umbul ponggok terletak di polanharjo, klaten kurang lebih 1,5 jam dari jogja sebelumnya saya sudah diberitahu mas reza untuk jam bagus pengambilan foto adalah sebelum jam 12 siang karena makin siang kualitas fotonya jadi ga bagus karena pantulan sinar matahari yang masuk ke dalam air umbul ponggok. untuk lokasinya sendiri gampang di cari kok karena terletak dipinggir jalan raya.

tim kudalaut tuh orangnya asik-asik jadi ga bikin kita tegang saat latihan menyelam apalagi kayak saya yang takut kedalaman. berangkat dari hotel jam 8.30 pagi padahal janji jam 9 sampai umbul ponggok jam 10.00 (lewat dikit) umbul ponggok dari permukaan terlihat biasa saja seperti kolam renang pada umumnya, yang terlihat cuma ada perosotan tapi ketika sudah menyelami dalamnya niscaya kamu akan jatuh cinta (lebhayyy) 

untuk harga tiket masuknya sendiri Rp.8000 perorang (hanya tiket masuk)
kalau untuk paket 20.000 (dapet kaca mata snorekling sama pelampung)
nah untuk jasa foto itu mungkin tergantung si penyedia jasa yaa kalau saya kemarin pake kuda laut fotografi jasa foto Rp.100.000 (durasi foto 1 jam) plus diajari menyelam sama mas nan baik hati (matur suwun mas)
nah untuk properti foto itu beda lagi harganya kemarin saya sewa sepeda harga sewanya Rp.20.000 kata masnya sih yang paling mahal motor yaitu Rp.100.000. 
untuk bilas dan ganti baju Rp.3000 sama sewa loker (untuk taruh barang-barang selama kita menyelam) juga Rp.3000

permukaan umbul ponggok


perosotan umbul ponggok
setelah latihan menyelam kurang lebih setengah jam akhirnya sesi fotopun dimulai. saya sempet mengurungkan niat gara-gara ada yang pingsan tenggelam karena kram. untung mas hehen meyakinkan saya...yang penting pemanasan dulu mba sebelum nyebur. 

jadi yang perlu disiapkan sebelum berfoto adalah :
1. bawa baju ganti/ kostum yang akan dipake foto
2. bawa handuk untuk bilas
3. pemanasan sebelum nyebur 
4. keyakinan hihi (untuk yang takut menyelam seperti saya) kalau kita yakin bisa melakukannya pasti bisa deh. awal-awal takut sih tapi pas sekali jepret trus dikasil lihat sama mas hehen hasilnya saya langsung semangat dan langsung bisa lhooo suwer. 

jadi tipsnya ambil nafas dalam-dalam sebelum menyelam terus kalau sudah ga kuat dalam air langsung naik aja, untuk pemula sih saya bilang sama masnya jangan yang terlalu dalam ya mas... karena umbul ponggok sendiri kedalamannya mencapai 3 meter. tapi masnya ngertiin kok untuk pemula dan ga bisa renang dikasih tempat yang ada batunya jadi kita bisa berdiri diatas batu. oia jangan lupa sewa pelampung ya buat yang ga bisa renang gunanya untuk jalan ke tengah-tengah kolam.

setelah latihan akhirnya bisa bergaya juga hehehe




sepedanya rubuh gimana nih? 

lihat tuh ada apa?
mau ke warung dulu naik sepeda hehe

untung disini ga ada paus/hiu 

ahh masih pengen banyak gaya sih tapi sayang 1 jam telah berlalu, oia yang mau foto ada baiknya bawa memory card(SD card) jadi nanti fotonya tidak perlu repot-repot di transfer. akhirnya penasaranku terjawab sudah 
buat yang mau mencoba silahkan hubungi kuda laut fotografi dengan mas reza untuk nomor teleponnya 0856-47394012 oia sehari hanya menerima 2 bookingan jadi ada baiknya booking jauh-jauh hari dengan mas reza.


happy travelling ....




Umbul Ponggok
Jl. Delanggu - Cokro, Klaten, Jawa Tengah

0 comments:

Posting Komentar

 

nining wahyoe Template by Ipietoon Cute Blog Design