Rabu, 18 Maret 2015

DARI CANDI SAMBISARI SAMPAI GUNUNG PURBA #WEEKEND GATEWAY

udah lama banget kangen backpackeran berdua bareng paksu (pak suami) eh beruntung lagi suami dapet door prize Tiket  jakarta- jogja pulang pergi. tapi cuma 1 tiket/ satu orang, brwosing tiket harganya diluar budget kepikiran deh buat naik kereta tapi kalo naik kereta sendiri takut akhirnya paksu minta tukar tiket PP dijadiin tiket berangkat untuk dua orang yeayyyy..... jadi bisa berangkat bareng ke jogja, pulangnya baru naik kereta. liat kereta eksekutif kok harganya beda tipis sama tiket pesawat...kata paksu naik ekonomi mau ngga? aku sih cuma melongo secara belum pernah naik kereta ekonomi jarak jauh jadi ga bisa bayangin juga. kata paksu "udah enak kok sekarang ekonomi ada ACnya ga ada  tukang jualan yang bolak-balik, cuma bangkunya aja tegak jadi agak capek duduk lama-lama. tapi karena niatnya emang backpacker jadi ya hajarrr aja beli tiket kereta ekonomi yang paling ekonomis 50.000 saja (emak-emak pelit).
berangkat naik AirAsia First Flight jam 04.15 . berangkat dari depok jam 2.30 naik Hiba bandara-depok dari terminal depok ongkos HIBA @50.000. sampe jogja jam 06.00 pas banget kalau jalan-jalan ke borobudur masih pagi. tapi sayang ga jadi gara-gara rental motor yang kita sewa lama banget datangnya. aku memutuskan daripada nunggu abang rental motor yang ga jelas dateng jam berapa? karena di telpon berkali-kali juga ga diangkat kami memutuskan buat nyari sarapan di malioboro. akhirnya naik transjogja dari bandara ke malioboro dengan ongkos @3.500 sampe malioboro liat tukang pecel rame banget...seperti biasa di benak saya kalo rame pasti enak. akhirnya memutuskan sarapan sego pecel persis depan mall malioboro, ga lupa saya sms abang rental buat janjian di mall malioboro aja, dan siabangpun jawab iya. hadeuuu daritadi di telponin baru jawab sekarang. makan nasi pecel + teh manis anget berdua cuma Rp.21.000 abis bayar kami saling pandang (romantis kan? bukaaann maksudnya murah banget nasi pecel lengkap plus teh manis anget berdua cuma segitu ahhhh indahnya dunia.
ini dia penampakan nasi pecel lengkap dengan tempe dan peyek. teh manis angetnya lupa di foto ;P

karena simas-mas rental belum muncul kami jalan-jalan menyusuri jalan malioboro dan tak lupa berfoto dulu


ga lama si mas rental nelpon ngasih tau kalo udah sampe di depan mall malioboro, setelah tukar KTP dengan kunci motor. akhirnya kita bisa jalan sesuai itinerary yang aku buat sebelumnya.
first destination candi sambisari. bermodalkan petunjuk dari aplikasi waze kami sampai sambisari tanya sama penduduk sekitar dimana letak candinya karena candi ini ada di dalam cekungan tanah jadi ga keliatan.
akhirnya sampe komplek candi sambisari



beli tiket HTMnya di pos satpam gerbang candi sambisari, murah yaaa cuma 2000 kita udah bisa menikmati candi yang asri.
candi sambi sari dilihat dari atas 

candi sambisari ini terletak di bawah, dulunya candi ini tertutup abu vulkanik dari letusan gunung merapi dan di temukan oleh seorang petani di tahun 1960an. 
untuk menuju candi kita harus menuruni anak tangga ini

candi utama


ini salah satu spot menarik untuk foto. dan jadi mainstreamnya candi sambisari di Instagram mungkin karena instagramable kali yaaaa...dan saya menjadikan candi sambisari ini sebagai destinasi juga karena liat orang pose diatas atap rumah ini hahaha....karena komplek candi sambisari ga teralalu luas ga butuh waktu lama untuk mengexplorenya. oia kalo ke candi sambisari sempatkan makan saoto bathok tempatnya ga jauh dari candi sambisari, tapi harus sabar yaaa karena rame banget dan antri..untung saya datang sebelum jam makan siang. sebenernya belum terlalu laper banget sih karena sampe tempat ini masih jam 10.30 tapi demi menyempatkan diri mencicipi saoto ini akhirnya makan siang lebih awal deh

makan dengan pemandangan sawah....sejauh mata memandang hamparan padi  bikin adem mata, jika datang dengan anak-anak ada playgroundnya juga yaitu ayunan dan jungkat jungkit yang terbuat dari bambu.
playground saoto bathok

makan kenyang murah meriah...kaget pas bayar hanya 14.000 saja untuk dua mangkok saoto bathok, es jeruk dan es teh manis plus tempe goreng...yesss (emak-emak kegirangan ) 
dari candi sambisari kami bertolak ke embung nglanggeran di daerah gunung kidul. embung itu adalah tempat penampungan air hujan di atas gunung. setelah melewati jalanan pathuk yang berkelok-kelok akhirnya sampai juga. HTM embung dan gunung purba @5000 dan 2000 untuk parkir motor. menaiki anak tangga disambut dengan papan selamat datang ini.
 pas baca yang paling bawah jadi ingat seseorang. tapi ga mungkin ini ariel noah kan yang nulis wkwkwk...
serasa dikaki langit ya embung diatas awan judulnya 
pose di embung
ini foto masih diambil dari daerah embung nglanggeran gunung yang di depan saya itu gunung purba jika suka mandaki wajib dicoba tapi karena persiapan kami bukan untuk mendaki (cuma pake sendal, bukan sepatu)  jadi cukup menikmati gunung purba dari embung. 


rincian hari pertama backpacker :


Ongkos HIBA berdua Rp.100.000
Ongkos Transjogja berdua Rp.7000
Makan Sego pecel berdua Rp.21.000
Tiket Candi sambisari berdua Rp.4000 + parkir Rp.2000
Makan soto Batok Berdua Rp.14.000
Tiket masuk Embung nglanggeran dan gunung purba + parkir 12.000
Makan malam bertiga (karena ada temen) Rp.53.0000

 TOTAL RP.213.000

estimasi waktu perjalanan dari malioboro ke candi sambisari 20 menit (dengan motor)
dari sambisari ke embung nglenggeran 30 - 40 menit (dengan motor)


salam backpacker





 

nining wahyoe Template by Ipietoon Cute Blog Design