Kamis, 21 Agustus 2014

BUDGET LIBURAN KE BALI

ke bali pengen banget mencoba beach club-beach club yang lagi happening tapi ga ada budget,cuma bisa mupeng liat di blognya orang-orang. terus ga sengaja liat promo tiger mandala 'pergi bayar pulangnya dibayarin" searching dapet juga tiket PP 11-14 mei 2014 PP Rp.996.000 berdua. tiket udah dapet dari februari masih ada waktu buat nabung, browsing hotel dan tempat-tempat yang asik buat disinggahi. tips budget traveller ala saya adalah :
  1. cari tiket promo (ikuti newsletter dari maskapai2 penerbangan, biar ga ketinggalan info promonya)
  2. cari hotel juga harus promo (browsing agoda,groupon, living social, dll)
  3. cari hotel yang menyediakan ketler (alat untuk masak air yang pake listirik) ini penting banget karena kalo ada ini kita bisa hemat budget makan karena bisa untuk masak popmie atau sekedar membuat coffee atau teh
  4. siapkan dana/budget liburan dalam satu amplop/atm, misalnya budget liburanmu rp.1.000.000 ambil cash uang 1jt masukan dalam amplop dan nanti selama liburan gunakan uang hanya dari dalam amplop, kalau takut bawa uang banyak bisa isi dana di atm sesuai budget liburanmu, biar ga kebobolan (usahakan jangan pake kartu kredit kecuali ada promo untuk tempat yang kita kunjungi) karena percuma udh siapin budget khusus tapi pake CC juga yang ada pulang liburan pusing sama tagihan.
  5. cari tau juga informasi tempat-tempat yang akan dikunjungi dari mulai HTM (kalo ada), harga makanan dsb selengkap mungkin jadi bener-bener bisa kita rencakan sesuai budget (bisa brwosing ke web tempatnya langsung atau di blog orang2 )
  6. cari tahu juga jarak dan waktu tempuh lalu susun rutenya biar ga kejauhan dan bisa susun tempat yang searah jadi ga buang waktu.
  7. nah nanti pas disana jangan lupa simpan bon-bon dan catat pengeluaran dari mulai transport, makan dsb, untuk referensi dan gambaran juga kalo kita mau melakukan jalan-jalan selanjutnya)
  8. yang terpenting niat kita travelling untuk apa?belanja atau plesir...ini harus banget dicatet biar kita ga tergoda ketika mampir ke toko-toko souvenir atau melihat pedagang-pedagang souvenir. (malah kalo bisa hindari deh tuh toko souvenir) boleh aja mampir beli sekedarnya saja untuk kenang-kenangan misalnya. tapi kalo niatnya belanja ya monggo belanja tapi inget budget yaaa kalo niatnya bener-bener plesir jangan tergoda untuk membeli souvenir2, hindari tergoda beli karena lucu tapi lebih ke fungsi (sesuai kebutuhan)

pengalam saya jalan-jalan ke bali sebelumnya ga pake budget alhasil plesir sama shoppingnya malah banyakan shoppingnya, pulang bagasi nambah jadi banyak pengeluaran di luar dugaan. seneng sih jalan-jalannya tapi pulang-pulang pusing sama tagihan CC gara-gara kalap shopping, nah pergi untuk kedua aseli  it's work dengan mengikuti tips diatas, saya sediakan budget Rp.1000.000 bisa jalan-jalan ke tempat yang saya inginkan dan rasanya puas banget, patokan saya pulang pergi satu ransel pulang juga harus satu ransel ga boleh deh ada cerita nambah bagasi, oia untuk oleh-oleh (ya namanya abis jalan-jalan pasti ditodong oleh-oleh) beli secukupnya dan kalau bisa jangan yang memakan tempat alias bisa kita tenteng. total perjalanan saya Tiket pesawat + hotel + transport + makan + jalan-jalan cuma menghabiskan rp.2.500.000 berdua suami untuk perjalanan 4D3N. saya share itinerary sbb ;
 hari pertama : karena flightnya sore sampe bali malam langsung chek in hotel dan jalan-jalan sekitar kuta buat nyari makan malam

hari ke - 2 : kintamani --> desa adat panglipuran --> ubud --> tanah Lot

resto terapung kintamani itu juara nila bakarnya, makan di diatas danau yang dikelilingi bukit, kalau ada angin agak goyang-goyang dikit hehe

Resto Terapung Kintamani
Jalan Kedisan Danau Batur, Kintamani, Bali, Bali Utara –Indonesia.
Telp: 0366 51627

yang ini foto-foto di desa adat panglipuran

untuk desa adat panglipuran HTM turis domestic @8000 jadi berdua cuma Rp.16.000
desa adat panglipuran ada di jl.utama menuju kintamani tepatnya ada di kel.kubu kec.bangli  kab.bangli Bali

di ubud ga sempet foto-foto karena Hp lowbatt (nah buat yang mau jalan-jalan seharian perlu banget nih cek baterai HP, power bank dan camera jangan sampai keabisan ditengah jalan ga bisa mengabadikan moment kaya saya) akhirnya kita mampir bakery shop cuma buat ngecharge gadget, oia untuk yang jalan-jalan ke daerah ubud cobain kakiang bakery deh enak-enak banget kuenya...

kakiang bakery
jl.raya pangosekan, ubud gianyar
telp 0361.978984

setelah isi baterai HP (ga sampe full sih cuma 50%, yaiyalah kelamaan juga kalo sampai full) kita lanjut tanah lot berikut foto-foto tanah lot ga terlalu banyak karena waktu udah senja sampai sana, biaya masuk tanah lot untuk turis domestic @Rp.10.000

hari ke - 3 : water blow --> sanur --> karma kandara --> rockbar

cuma di bali dan di suramadu sepeda motor punya jalan tol, jadi jangan lewatkan untuk mencobanya ya temans...water blow itu posisinya ada di kawasan elite nusa dua nanti kalo udah masuk kawasan hotel nusa dua tanya aja water blow dimana? nanti dikasih tau sama satpam setempat, pantai water blow gratis tapi hati-hati karena ombaknya gede banget disini kalo ga bawa baju ganti mending jauh-jauh karena ombaknya tinggi bisa melebihi tinggi badan kita tapi disitulah sensasi water blow ombaknya yang ngeblow hihi.....

ke sanur ga banyak foto-foto karena cuma numpang makan di tempat makan yang terkenal enak yaitu soup ikan mak beng aseli enak banget yang makan disini arteesss2 terbukti banyak foto artis nempel didinding tempat makan ini, abis makan lanjut karma kandara (tempat yang pengen banget saya kunjungi) begitu sampe langsung nganga disuguhi pemandangan beginian...

Karma Kandara Resort
Jl. Villa Kandara Banjar, Wijaya Kusuma, Ungasan,
Tuban, Bali 80361, Indonesia
+62 361 8482200

belum puas sih sebenrnya di karma kandara enaknya nginep kali ya? hehe tapi ratenya mahal  untuk budget traveller kaya saya karena rate menginapnya kira-kira 7 - 8 jtan permalam, yasudah yuk lanjut rock bar, rock bar ini ada di dalam ayana resort.

di rock bar cuma ngemil-ngemil lucu aja sambil nunggu sunset, tapi sayang karena mendung sunsetnya jadi ga keliatan. untuk rate minuman dan makanan  disini Rp.70.000 - Rp.150.000 jadi siapin uang agak lebih yaaa oia jam buka rock bar ini mulai jam 4 sore yaa tapi sebaiknya datang satu jam - setengah jam sebelumnya karena biasanya antri karena kalau mau ke rock bar kita harus naik cable car.

Rock Bar
 Jl Karang Mas Sejahtera, Jimbaran,
 Bali, Indonesia. +62361702222.

hari ke - 4 : karena flight siang jam 12an jadi jalan yang deket2 aja paginya liat sunrise di nusadua (tempat yang salah liat sunrise yaa ^-^) trus ke pasar kuta beli oleh-oleh pie susu dan kacang bali, oia kalo beli oleh-oleh lebih enak di pasar lhoo daripada krisna dan sejenisnya lebih murah (tetep ya mengusung kata murah karena budget traveller) travelling murah bukan berarti ga bisa ke tempat-tempat keren kan? tapi jangan sampe seperti kami ya teman ketinggalan chek in pesawat dan harus membeli tiket lagi (padahal udah ok banget berhasil travelling sesuai budget) akhirnya kami dapat tiket lebih mahal dari promo dan itupun last flight dengan maskapai yang terkenal dengan delaynya akhirnya kami nongkrong di Executive lounge deh nah teman-teman sebaiknya datanglah  1 jam atau 30 menit lebih awal dari jam penerbangan, kalo lama lebih baik menunggu di bandara atau biar lebih nyaman menunggulah di executive lounge, gunakan CC yang bekerja sama dengan executive lounge tsb untuk mendapatkan diskon, untuk pengguna telkomsel free dengan menukarkan point lho.... selamat bertravelling...      ^salam ^